CPNS Dibuka, Warga Antre Buat Kartu Kuning

VIVAnews - Menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bantul, permintaan kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan pemerintah kabupaten maupun Kota di Yogyakarta meningkat.

Maraknya warga yang mencari kartu kuning tercatat per hari mencapai 200 orang per hari. Pemadangan ini berbeda dari hari-hari biasa yang perharinya hanya berkisar 20 hingga 30 orang.

Tercatat, jumlah pemohon kartu kuning sejak Januari hingga Selasa (29/9) mencapai 5.727. Pencari kartu kuning merupakan warga Bantul, yakni lulusan Sarjana (S.1) sebanyak 40%, Diploma III 30%, dan SMA dan SMK 30%.

Kepala Disnakertrans Pemkab Bantul, Didik Warsito, Selasa, 29 September 2009 mengatakan, akibat melonjaknya pencari kartu kuning, pihaknya harus menambah petugas pelayanan, dari lima orang menjadi sembilan orang.

Penambahan petugas diambil dari pegawai setempat untuk melayani permintaan kartu kuning, mulai dari seleksi persyaratan administrasi hingga pemberkasan.

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?

"Dengan jumlah petugas pelayanan yang cukup, setiap pencari kartu kuning hanya menunggu kurang dari lima menit, kartu kuning sudah jadi," tuturnya

Sementara Sri Mulyatiningsih Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta mengatakan Hingga hari kelima kantor pemeritah buka usai lebaran, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta kebanjiaran pemohon kartu kuning.

Setiap hari melayani rata-rata 200 orang pencari kerja yang ingin mendapatkan kartu kuning sebagai syarat melamar pekerjaan.

"Rata-rata perhari kita melayani pencari kartu kuning hingga 200 orang, padahal sebelum lebaran hanya dalam kisaran 20 orang pencari kartu kuning"katanya

Lebih lanjut Sri Mulyatiningsih mengatakan pencari kartu kuning 75 persen lulusan sarjana sedangkan lainnya lulusan Diploma tiga dan Sekolah Menengah Atas.

Selain lowongan pegawai negeri sipil ada juga lowongan pada perusahaan di Batam dan Bintan. "Kami melayani permohonan kartu kuning mulai pukul 07.30 WIB hingga 15.30 WIB," tuturnya.

Laporan: KDW | Yogyakarta

Indonesia Jadi Anggota Penuh Satgas Aksi Keuangan di FATF, Ini Tujuannya
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Duel Al Nassr vs Al Fayha dalam lanjutan Liga Arab Saudi matchday ke 28 di Stadion King Saud, Jumat 19 April 2024, pukul 22.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024