Riau dan Sumsel Jadi Daerah Rawan Kebakaran Hutan

Ilustrasi ancaman Kebakaran Lahan dan Hutan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVA.co.id – Provinsi Riau dan Sumatera Selatan menjadi daerah yang rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau 2017.

Terima Kasih Ndan! 3 Pesawat TNI Sukses Bikin Hujan Buatan di Sumatera

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan bahwa BNPB melakukan antisipasi karhutla di setiap wilayah yang memiliki potensi mengalami bencana. Namun kedua provinsi, mendapat perhatian lebih khusus karena potensi di keduanya lebih besar.

"Yang paling rawan dari semua provinsi, Sumatera Selatan dan Riau," ujar Willem di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, 5 Juli 2017.

Kualitas Udara di Jambi Masih Berbahaya

Willem menyampaikan, BNPB sendiri melakukan langkah antisipasi maksimal dalam menghadapi potensi bencana tahunan di Indonesia itu. Ada pun, menurut Willem, langkah itu mencakup pengawasan secara ketat terhadap setiap kemunculan titik api di lapangan. Selain itu, kekuatan pemadaman, baik melalui darat maupun udara juga sudah mulai siaga guna melakukan langkah pemadaman begitu titik api muncul.

"Kita juga sudah men-stand-by-kan helikopter untuk water bombing. Jadi itu sudah kita lakukan. Patroli, sosialisasi, juga sudah kita lakukan semua," ujar Willem.

Hutan dan Lahan di Jambi Kembali Terbakar, Udara Tercemar
Ilustrasi: Satgas penanganan kebakaran hutan dan lahan Kepolisian.

Penampakan Kebakaran Lahan Gambut di Jambi

Petugas gabungan langsung turun memadamkan titik api.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020