TNI Baku Tembak dengan Kelompok Bersenjata Papua

Ilustrasi kelompok bersenjata di Papua.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita/Istimewa

VIVA.co.id – Sejumlah personel TNI di Ilaga, Kabupaten Puncak Papua, terlibat baku tembak dengan kelompok bersenjata, Jumat, 7 Juli 2017. Diduga kelompok ini merupakan pentolan Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Kalenak Murib.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Dari informasi yang dihimpun, baku tembak ini terjadi sekira pukul 15.10 waktu setempat. Berawal dari laporan warga yang melihat ada sejumlah orang membawa senjata api. Pemeriksaan pun dilakukan dan ditemukan sejumlah orang terlihat berlari menuju sungai.

Baku tembak pun terjadi. Seorang anggota kelompok bersenjata berhasil dilumpuhkan. Bersama sejumlah barang bukti berupa satu pucuk senjata Revolver, sejumlah amunisi, telepon seluler dan lainnya.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Sejauh ini, TNI masih belum memberikan informasi resmi soal baku tembak tersebut. Namun berdasarkan pemeriksaan, seorang anggota kelompok bersenjata yang tewas bernama Beti Murib yang tak lain merupakan adik dari Kalenak Murib, yang memimpin OPM di kawasan Ilaga. (ren)

Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024