Ditelurusi Kaitan Perakit Bom Panci Bandung dengan JAD

Identifikasi lokasi ledakan
Sumber :
  • ANTARA/Adeng Bustomi

VIVA.co.id – Polda Jawa Barat menelusuri jaringan terduga pelaku bom panci Agus Wiguna yang berencana melakukan aksi teror di tempat umum dan tempat ibadah.

Hakim India Hukum Mati 38 Terdakwa Ledakan Bom 2008

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus, menjelaskan, pihaknya saat ini terus memeriksa terduga pelaku apakah ada keterkaitan dengan aksi teror bom Kampung Melayu.

"Sementara ini baru satu (terduga pelaku). Ini baru terjadi, apakah ada keterkaitan dengan Jamaah Anshar Daulah (JAD), ini masih kita gali," kata Yusri, Sabtu 8 Juli 2017.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

Tidak hanya itu, adanya pengembangan hasil interogasi pelaku yang menyebutkan akan melancarkan aksi teror di Cafe Bali di Jalan Braga, Rumah Makan Celengan di kawasan Astana Anyar dan Gereja Kota Bandung, masih didalami aparat.

"Apakah kemungkinan ya (targetnya), ini masih kita dalami semua," katanya.

Polri Ungkap Kronologi Ledakan Tangkahan Ikan di Sibolga

Selain itu, lanjut Yusri, untuk peran pelaku apakah sebagai perakit atau hanya sebagai pembawa bom panci, masih diperiksa penyidik.

"Kita belum bisa menyampaikan peran ini, memang di dalam kontrakan tersebut meledak. Ke mana saja sasaran serta motif, tunggu saja (keterangan lengkapnya)," katanya.

Sementara itu, aparat terkait di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah menelusuri data warganya yang bernama Agus Wiguna, pemilik rumah kontrakan lokasi ledakan bom panci yang meledak.

Sejauh ini, berdasarkan data, Agus Wiguna tercatat merupakan warga Kampung Cibelentuk, RT 001, RW 005, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat.

"Memang benar, setelah kami melakukan pengecekan data warga, Agus Wiguna memang warga kami di Bungbulang," ujar Camat Bungbulang, Heri, Sabtu 8 Juli 2017 malam.

Aparat Desa Bojong, malam ini, masih berada di rumah Agus Wiguna untuk mencari informasi yang berkaitan dengannya.

"Jadi kami belum dapat informasi lengkap bagaimana tentang Agus Wiguna," ungkap Heri.

Sebelumnya dikabarkan sebuah ledakan terjadi yang diduga kuat berasal dari bom panci di rumah kontrakan yang dihuni Agus Wiguna di Kampung  Kubang Bereum RT 7, RW 11, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat. Polisi menduga Agus Wiguna telah merencanakan aksi teror di beberapa lokasi keramaian dan tempat beribadah di Kota Bandung. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya