Tol Binjai-Medan Mulai Dioperasikan Akhir 2017

Menteri BUMN, ?Rini Soemarno usai meninjau proyek Tol Medan-Binjai.
Sumber :
  • Putra Nasution

VIVA.co.id – Kementerian BUMN memastikan akhir tahun ini, sebelum pelaksanaan arus mudik Natal 2017 dan tahun baru 2018, Tol Medan-Binjai sudah beroperasi secara keseluruhan di Sumatera Utara.

LMAN Kucurkan Rp650 Miliar untuk Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa

Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, usai meninjau jalan tol tersebut, Sabtu, 8 Juli 2017. Dia juga menyebutkan, pengoperasian ruas jalan Tol Kualanamu-Serdang Bedagai-Tebing Tinggi akan dimulai pada Mei 2018.

"Kualanamu-Tebing Tinggi diharapkan bisa beroperasi dan digunakan masyarakat Mei 2018," ujar Rini di Medan.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Intip Spesifikasi Tolnya

Untuk proyek trans Sumatera, yang merupakan proyek nasional pemerintah Joko Widodo itu, Rini mengatakan untuk pelepasan lahan sudah 100 persen. Tinggal pembangunan secara fisik ruas tol tersebut.

"Insya Allah, pembebasan lahannya sudah diselesaikan," kata Rini.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara dan Aceh

Sementara itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berharap pembangunan jalan Tol Kualanamu–Tebing Tinggi dapat diselesaikan tepat waktu demi kelancaran pergerakan manusia dan barang.

"Jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 16,8 kilometer itu bisa beroperasi dan digunakan masyarakat akhir tahun 2017 ini," kata Erry.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Rini didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil. Mereka memantau perkembangan jalan tol Binjai hingga Tebing Tinggi dengan menggunakan helikopter. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya