Benang Jadi Alat Pemicu Ledakan Bom Panci Bandung

Ilustrasi polisi olah TKP.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA.co.id – Kepolisan Daerah Jawa Barat berhasil mengamankan Agus Wiguna (21), pelaku yang meledakkan bom panci di kamar kontrakan di Kubang Beureum nomor 35 RT007/011 Kelurahan Sekajati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat.

Densus 88 Sudah Pernah Ingatkan Polda Jabar Waspadai Serangan Teroris JAD

Dari hasil pemeriksaan sementara pelaku berencana akan meledakkan bom di suatu tempat di Bandung. Namun, bom milik pelaku meledak sebelum waktunya.

"Terduga merencanakan akan meledakkan bom panci yang berisi paku pada hari Jumat 16 Juli 2017 di Kafe Bali Jalan Braga, rencana di ledakan malam hari," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Polri Martinus Sitompul di Jakarta, Minggu, 9 Juli 2017.

Agus Sujatno Bawa 2 Bom Panci Gunakan Ransel, Hanya Satu yang Meledak

Rencananya, kata Martinus, pelaku akan berangkat ke tempat kejadian perkara peledakan dengan menggunakan angkutan kota sambil membawa bom rakitan yang dimasukkan ke dalam ranselnya.

Selanjutnya, rencana di tempat kejadian perkara, pelaku menyimpan bom rakitan dalam tas tersebut malam harinya dengan melihat situasi dan kondisi sepi.

Agus Sujatno Gunakan Bom Panci Ledakan Diri di Polsek Astana Anyar

"Selanjutnya bom tersebut akan diletakkan di tong sampah sekitar kafe dengan alat pemicu menggunakan benang dibentangkan yang bertujuan apabila benang tersebut tersandung kaki, bom tersebut akan meledak," tuturnya.

Adapun bahan-bahan yang ditemukan dari pelaku terduga teror di antaranya paku panjang tujuh sentimeter, benang yang dibeli di sekitar material, dan untuk panci dibeli di Pasar Caringin. (ase)

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023