Perwira Muda Dilantik, Panglima Iri dan Kapolri Terenyuh

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :

VIVA.co.id - Sebanyak 729 perwira remaja TNI dan Polri tahun 2017, patut merasa bangga. Sebab, untuk pertama kalinya, angkatan mereka dilantik di Istana Merdeka oleh Presiden Republik Indonesia. Kebanggaan itu ditunjukkan dengan suka cita saat mereka resmi menjadi perwira, baik TNI maupun Polri.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Bahkan dari mimbar kehormatan, di pelataran Istana Merdeka, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla, serta Panglima TNI dan Kapolri, menyaksikan langsung suka cita itu.

Suka cita pelantikan ini juga dialami oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Keduanya malah punya kesan tersendiri terkait pelantikan ini.

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad

"Saya saja iri," kata Gatot, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 25 Juli 2017.

Bagaimana Jenderal Gatot tidak iri, saat dia dulu tidak dilakukan seperti ini. Sementara Kapolri Jenderal Tito, momen ini mengingatkannya 30 tahun silam, saat juga dilantik menjadi perwira remaja pada 1987.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Pada tahun kelulusan itu, Jenderal Tito mengenangnya saat menerima penghargaan Adhi Makayasa. Sama seperti yang ia lihat, saat Presiden Jokowi memberikan penghargaan kepada empat perwira muda yang memperoleh penghargaan sebagai lulusan terbaik itu.

"Saya terenyuh karena 30 tahun lalu saya berdiri di situ," katanya tersenyum.

Dia mengakui, adalah kebanggaan yang tidak pernah dilupakan saat menerima penghargaan itu. Pelantikan dilakukan di Istana Merdeka, adalah ide dari Presiden Jokowi sendiri. Selanjutnya, pelantikan prajurit muda ini akan terus digelar di Istana. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya