PAN Segera Umumkan Eks Menteri ESDM sebagai Cagub Jateng

Yayuk Basuki, Wakil Sekretaris Jenderal PAN.
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne

VIVA.co.id - Partai Amanat Nasional mengisyaratkan mencalonkan Sudirman Said, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, sebagai gubernur Jawa Tengah dalam pilkada tahun 2018.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

PAN mengaku kian intensif berkomunikasi dengan Sudirman, meski belum ada keputusan resmi. "Nanti dilihat dari perjalanan waktu sejalan, pasti akan diikrarkan dengan pasangan mana," kata Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Yayuk Basuki di Semarang, Kamis, 27 Juli 2017.

Mantan petenis nasional yang kini menjadi anggota DPR itu bahkan mengakui, nama Sudirman paling dinominasikan sebagai calon dalam rapat pimpinan PAN. Bersamaan itu pula Sudirman mulai menyosialisasikan diri dengan mengunjungi sejumlah daerah di Jawa Tengah.
 
Sudirman bahkan juga telah intensif berkomunikasi dengan sejumlah petinggi partai politik, seperti Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, serta petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sudirman Said Ungkap Timnas Amin Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

"Memang yang benar-benar (sudah) mengikrarkan Pak Sudirman. Beliau juga bolak-bolak (berkomunikasi dengan pimpinan PAN), cukup intens,” ujar Yayuk.

Namun PAN belum memberi keputusan resmi apakah Sudirman Said akan diusung dalam Pilgub 2018. Pimpinan partai masih menimbang-nimbang akhir untuk memutuskan resmi mencalonkan Sudirman hingga ditetapkan oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan. 

Sudirman Said soal Rencana Pertemuan JK-Megawati: Itu Pribadi, Kita Tak Bisa Cawe-cawe

Yayuk menolak memberikan perkiraan waktu PAN akan mengumumkan nama Sudirman Said sebagai calon gubernur Jawa Tengah. "Itu rahasia Ketua Umum," ujarnya.

Selain itu, PAN masih menunggu dan melihat peta politik partai lain di Pilgub Jawa Tengah. Salah satunya, belum ada keputusan siapa sosok yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sebagai partai yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo, Gubernur sekarang, Yayuk mengakui, memang paling diantisipasi untuk dicalonkan lagi oleh PDIP. Sementara PDIP belum memberikan isyarat terang untuk mencalonkan petahana.

Baru Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang telah mengumumkan nama calon gubernur Jawa Tengah, yakni Marwan Jafar, mantan Menteri Desa. PKB bahkan mulai menyosialisasikan Marwan ke publik. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya