Dipimpin Adhyaksa Dault, Kwarnas Pramuka Audiensi ke tvOne

Kwarnas Pramuka Audiensi ke tv One
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hardani Triyoga

VIVA.co.id – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar audiensi dengan redaksi tvOne, Kamis, 27 Juli 2017. Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault memimpin langsung rombongan yang juga dihadiri jajaran pengurusnya.

Budi Waseso dan Kwarda Pramuka Se-Indonesia Minta Nadiem Revisi Permendikbud No 12

Adhyaksa menyampaikan terimakasih kepada tv One yang menyempatkan menyediakan waktu audiensi. Salah satu topik yang dibicarakan terkait agenda Kwarnas Gerakan Pramuka.

Dijelaskan dia, dalam waktu dekat akan ada acara Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, 13-21 Agustus 2017. Acara rutin tahunan ini akan diikuti perwakilan dari 514 Kwartir Cabang (Kwarcab) kota atau kabupaten. Diperkirakan ada 15 ribu perwakilan Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun) dari seluruh Indonesia.

Jika Pramuka Dihapus, Nilai Kenegarawanan Generasi Muda Bisa Terkikis

"Kegiatan Raimuna Nasional ini mengajarkan peserta tentang kebhinekaan dan pentingnya persatuan. Semua peserta akan pulang membawa daftar nama teman-temannya dari berbagai daerah," kata Adhyaksa di kantor tv One, Jl. Rawa Terate II, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta, Kamis, 27 Juli 2017.

Dia menambahkan dalam Raimuna tahun ini memakai tema 'Pramuka untuk Masa Depan Indonesia; Kreatif, Inovatif, Berkarakter atau Kibar'. Penggunaan kata Raimuna berasal dari istilah bahasa Ambai yang digunakan penduduk Yapen Timur, Kepulauan Yapen, Papua. Penggunaan Raimuna juga menyesuaikan artinya yang memiliki makna penting.

Presiden Jokowi Kukuhkan Budi Waseso Cs Jadi Pengurus dan LPK Kwarnas Pramuka 2023-2028

"Artinya Rai sekelompok orang. Muna artinya daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai keberhasilan. Diartikan sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama," jelas mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut.

Kwarnas Pramuka Audiensi ke tv One

Usai audiensi, Adhyaksa Dault menerima cendera mata dari redaksi tvOne. Foto: VIVA.co.id/Istimewa

Kemudian, ia juga menyempatkan gambaran video perwakilan Pramuka dari Madura, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur hingga Kalimantan Barat. Menurut dia, saat ini sudah dibuka pendaftaran online bagi anggota yang ingin bergabung. Ia menaksir sudah ada sekitar 20 juta yang mendaftar dengan angka 10 juta sudah aktif. Dengan 415 Kwarcab, ia yakin Pramuka akan semakin terus berkembang.

"Pramuka ini strategis. Lihat di daerah seperti Madura kami ada. Suatu saat nanti ini luar biasa dahsyat bisa berperan dalam masyarakat," tuturnya.

Potensi Besar

Dalam audiensi ini, Adhyaksa diterima langsung oleh petinggi redaksi tv One, seperti Wakil Pemimpin Redaksi Toto Suryanto, dan GM News Editorial Indiarto Priadi. Hadir juga pemimpin redaksi portal VIVA.co.id, Maryadie.

Pengurus Kwarnas Pramuka yang mendampingi Adhyaksa, antara lain Ketua Dewan Kerja Nasional Yudha Adyaksa, Andalan Nasional bidang Komunikasi dan Informasi Harico Wibawa Satria, dan Andalan Nasional urusan Hubungan Internasional Indoreyano.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi tvOne, Toto Suryanto, mengatakan Pramuka punya potensi besar dalam peranannya membantu masyarakat. Apalagi, saat ada kejadian peristiwa besar di daerah. Seringkali, peran Pramuka membantu masyarakat dengan aktivitas hingga informasi.

Namun, diakuinya, bila Pramuka belum menjadi perhatian masyarakat. Padahal, dari segi peran, Pramuka bisa menjadi aset yang bisa diandalkan.

"Tapi, ini belum karera lirikan publik itu belum kuat. Padahal, tadi Pak Adhyaksa punya harapan kalau Pramuka nanti ke depan bisa jadi potensi besar," tutur Toto. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya