Satpam Jamaludin Naik Haji setelah Menabung 37 Tahun

Jamaludin Husein, seorang satpam yang bersiap berangkat haji setelah menabung selama 37 tahun, saat ditemui di rumahnya di Kabupaten Tangerang, Banten, pada Sabtu, 29 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anissa Maulida

VIVA.co.id - Jamaludin Husein, seorang petugas keamanan atau satpam, bahagia tak terkira. Perjuangan dan penantian panjangnya untuk berhaji sejak tahun 1980 terwujud pada 2017.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Jamaludin Husein dan istrinya, Ipah, dipastikan berangkat ke Tanah Suci dalam kelompok terbang (kloter) pertama jemaah calon haji asal Tangerang, Banten, pada 3 Agustus 2017. Mereka bergabung dengan 1.766 calon haji asal Tangerang.

Jamaludin, satpam pada sebuah pabrik paku di Kota Tangerang, mengaku menabung untuk ongkos pergi haji sejak tahun 1980, tahun-tahun awal pernikahannya dengan Ipah.

Saudi Terima Ribuan Keluhan Layanan Hotel dan Umrah selama Ramadhan

Kala itu dia tak menargetkan kapan kira-kira berkesempatan berangkat ke Tanah Suci, yang penting bersabar dan terus berusaha, disiplin menyisihkan sebagian uang penghasilannya untuk ditabung. Kini Jamaludin berusia 61 tahun, sudah memiliki empat cucu dari empat anaknya.

"Uang itu sengaja saya kumpulkan untuk berangkat haji bersama istri saya. Alhamdulillah, keinginan saya tercapai berangkat haji bersama istri saya," kata Jamaludin, didampingi istrinya, ketika ditemui wartawan di rumahnya di Desa Pasirjaya, Bukit Tiara, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, pada Sabtu, 29 Juli 2017.

Syekh Al Sudais Himbau Jemaah Untuk Fokus Ibadah dan Kurangi Berfoto-foto Saat di Tanah Suci

Dia tak menjelaskan terperinci mengenai proses panjang puluhan tahun menabung demi pergi haji. Dia hanya mengungkapkan tabunganya tak berbentuk uang saja, melainkan juga emas yang kemudian dijual lagi untuk memenuhi ongkos haji setelah resmi mendaftar pada 2011.

Saiful Mujab, Direktur Layanan Haji dalam Negeri

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Terdapat masih 17.048 kuota jemaah haji reguler yang tersisa. Kuota yang tersisa ini akan diisi oleh jemaah haji reguler yang telah melunasi tetapi dengan status cadangan

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024