Tak Kuat Salat Berdiri, Masjid Nabawi Sediakan Banyak Kursi

Bangku untuk salat bagi jemaah lanjut usia di Masjid Nabawi.
Sumber :
  • Media Center Haji (MCH) 2017

VIVA.co.id –  Selain menyediakan rak untuk penyimpanan sandal di setiap pintu masuk, Masjid Nabawi juga menyediakan air minum zam-zam dalam dua jenis, baik yang dingin maupun yang netral.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Selain itu, Masjid Nabawi juga menyediakan fasilitas ibadah untuk jemaah lanjut usia dan penyandang disabilitas. Kursi roda misalnya, tersedia di banyak pintu gerbang masuk, dan kursi lipat juga tersedia dalam jumlah bahkan mencapai ribuan di berbagai tempat.

Fasilitas ini memang sangat membantu jemaah. Zam-zam misalnya, banyak dimanfaatkan jemaah haji untuk sekedar minum di tempat dan bahkan untuk dibawa dengan botol mereka ke pemondokan.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Tidak jarang pula ada jemaah yang mengisi 'sprayer' dengan air zam-zam. Air minum dan penyemprot wajah memang sangat penting bagi jemaah, mengingat saat ini cuaca Madinah sangat panas.

Menurut data Siskohat, jemaah haji Indonesia untuk tahun ini yang berusia 61 tahun ke atas mencapai 52.746 orang atau sekitar 26 persen. Bagi jemaah haji udzur dan berusia lanjut yang sedang berada di masjid Nabawi tidak perlu khawatir. Mereka dapat memanfaatkan kursi roda dan kursi lipat dengan leluasa. Bahkan kursi roda juga bisa dibawa masuk ke dalam masjid.

Pencarian 1 Jemaah Haji yang Hilang, Menteri Agama: Diteruskan Tanpa Batas Waktu

Jemaah yang tidak kuat berdiri terlalu lama saat sholat berjamaah juga dapat menggunakan kursi lipat yang banyak tersedia. Tentu jemaah harus mengembalikan kursi lipat yang telah dipakainya ke tempat semula. Dengan ketersedian berbagai fasilitas di Nabawi semoga dapat membantu jemaah haji beribadah lebih nyaman dan khusyuk.

Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kementerian Agama merilis sebanyak 77 jemaah haji masih berada di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan, puluhan jemaah menjalani perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023