Polisi Benarkan KPK Periksa Pejabat Kejaksaan Pamekasan

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, di Surabaya pada Senin, 31 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan menangkap pejabat Kejaksaan Negeri Pamekasan, Madura, Jawa Timur dan Inspektorat kabupaten setempat. Keduanya dikabarkan diperiksa di Markas Kepolisian Resor setempat hingga Rabu, 2 Agustus 2017.

Nurul Ghufron: KPK Bukan Ingin Meninggalkan OTT, tapi Pencegahan Lebih Beradab

Informasi diperoleh menyebutkan, operasi tangkap tangan oleh KPK itu berhubungan dengan penanganan kasus dugaan penggelapan Alokasi Dana Desa di Kabupaten Pamekasan tahun 2015-2016. Perkara itu ditangani Kejari Pamekasan dan sudah menetapkan dua tersangka.

Selain pejabat Pamekasan dan Inspektorat, ditangkap pula empat orang lain dalam operasi yang didukung personel Polres setempat itu. Mereka ialah oknum pejabat Desa Dasok, Kecamatan Pademawu, dan pejabat Desa Mapper, Kecamatan Tlanakan, serta dua orang staf Inspektorat.

Mendagri Tito: Perangkat dan Kepala Desa Tidak Dapat THR

Keenam orang itu dikabarkan masih diperiksa oleh KPK di Markas Polres Pamekasan. Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Pamekasan, Ajun Komisaris Polisi Osa Maliki, belum merespons coba dikonfirmasi melalui telepon genggamnya. Tetapi sumber VIVA.co.id mengatakan ada aktivitas penyegelan oleh KPK di kantor Inspektorat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, membenarkan pemeriksaan petugas KPK terhadap pejabat Kejaksaan. Tetapi dia tidak menyebutkan rinci jabatan dan di mana pemeriksaan berlangsung.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Penuhi Panggilan KPK

"Di Polres tidak ada. Yang ada Kejari diperiksa di Pamekasan oleh KPK," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Richard Marpaung, mengaku masih menunggu laporan resmi soal itu. Ditanya apakah Kepala Kejari Pamekasan yang ditangkap KPK seperti kabar beredar, dia ogah menjawab. "Saya belum menerima laporan," ujarnya.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata soal penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka

KPK Minim OTT, Alex Marwata: Banyak Pejabat Negara Sudah Tahu HP Disadap

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan alasan mengapa lembaganya jarang melakukan operasi tangkap tangan (OTT) belakangan ini.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024