Titik Evakuasi Jemaah Haji Saat Armina Disimulasikan

Petugas mengikut gladi gelar pauakan di kawasan Mina.
Sumber :
  • Eko Priliawito

VIVA.co.id – Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) melakukan gladi bersih penanganan jemaah di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina) yang menjadi puncak haji atau titik paling penting dalam pelaksanaan ibadah haji.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Kepala Satuan Operasi Armina, Kolonel Jaetul Muchlis menjelaskan, gladi bersih ini merupakan bagian dari pengenalan wilayah kerja di Armina agar para petugas yang mengawal jemaah pada saat puncak haji bisa mempelajari, memahami dan menguasai medan kerja.

"Nantinya tim akan dibagi menjadi 11 sektor adhoc Armina agar kehadiran petugas benar-benar terasa ada di tengah Jamaah," ujarnya di Mina, Jumat sore, 4 Ag 2017.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Dengan hadirnya petugas di tengah-tengah jemaah, maka saat jemaah menghadapi masalah segera tertangani dan bisa memberikan solusi.

Jaetul juga menjelaskan, ada beberapa titik yang sudah diperiksa dan dipetakan. Terutama saat kondisi darurat telah ditetapkan titik kumpul untuk mengiring jemaah dari tiga wilayah tersebut.

Pencarian 1 Jemaah Haji yang Hilang, Menteri Agama: Diteruskan Tanpa Batas Waktu

"Kita sudah siapkan posko adhoc di titik-titik krusial ini, agar petugas tahu akan mengiring jemaah kemana," ujarnya. (ren)

Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kementerian Agama merilis sebanyak 77 jemaah haji masih berada di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan, puluhan jemaah menjalani perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023