Kemendagri Janji Rekam E-KTP Beres Tahun Ini

Mendagri Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA.co.id – Kementerian Dalam Negeri menargetkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik, atau e-KTP untuk seluruh Warga Negara Indonesia rampung dilaksanakan tahun ini. Hal ini, karena akan ada momentum Pilkada serentak pada 2018, Piplres dan Pileg 2019.

Bambang Pacul Sebut Pernyataan Agus Rahardjo soal Intervensi Jokowi Kedaluarsa: Motifnya Apa Coba?

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, perampungan KTP elektronik dilakukan untuk  merapikan seluruh data kependudukan. Selain itu, hal itu juga untuk mencegah terjadinya pemilih ganda saat Pilkada serentak pada 2018 dan Pilpres dan Pileg 2019.

Pada Pilkada serentak 2018 yang akan dilaksanakan di 171 daerah itu akan dikuti oleh sekitar 33 persen pemilih dari total jumlah pemilih secara nasional.

Wali Kota Medan Ditangkap KPK, Mendagri Kecele

"Jadi, target kami tahun ini sudah selesai, karena tahun depan Pilkada serentak berbau Pilpres," kata Tjahjo, saat diskusi Galang Kemajuan dengan tema 'Dinamika Politik dan Undang-undang Pemilu' di Ruang Ksatria Aria Wira, Hotel Century, Senayan, Jakarta, Sabtu 12 Agustus 2017.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, hingga minggu ini sudah ada 94,31 persen yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Sehingga, masih ada sekitar 5,69 persen yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Kepala Daerah Ditangkap KPK Lagi, Mendagri: Kok ya Terus

Tetapi, dari jumlah itu masih terdapat sekitar satu juta KTP elektronik ganda. Tjahjo meminta, bagi mereka yang  memiliki KTP ganda, agar memilih salah satunya.

"Target tahun ini selesai. Total yang sudah memiliki e-KTP ini hampir 184 juta," ujarnya.

Tjahjo mengatakan, Kementerian Dalam Negeri sudah mencetak sekitar tujuh juta blanko KTP elektronik. Jumlah itu sudah disebar ke seluruh daerah. Dengan demikian, warga yang belum memiliki KTP elektronik sudah bisa membuatnya ke Dinas Dukcapil dan jajarannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya