Delapan Belas Orang Eks ISIS Dipulangkan ke Indonesia

Anggota militan ISIS di Suriah.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer/Corbis

VIVA.co.id - Sebanyak 18 warga negara Indonesia mantan relawan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan dipulangkan ke Tanah Air dari Suriah. Mereka dipulangkan dengan pesawat Qatar Airways dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu, 12 Agustus 2017.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Kedelapan belas warga Indonesia itu lima laki-laki dewasa, sembilan perempuan dewasa, dan empat anak-anak (semua laki-laki). Masing-masing berinisial L, MS, MKA, DR, MHA, MAA, DDW, FDM, FR, SK, IP, SZ, RN, NKD, HK, TAQ, MRR, dan SN.

Mereka yang disebut melarikan diri dari kelompok ISIS di Suriah itu dikawal tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri segera setelah tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Identitas mereka didata ulang oleh petugas Imigrasi sebelum dibawa ke Markas Komando Brimob di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

Menurut Kepala Biro Penerangan Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Rikwanto, rombongan eks relawan ISIS itu akan dibawa ke markas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Setelah itu diserahkan Menteri Luar Negeri kepada Kepala BNPT dan Densus 88.

"Untuk hasil interogasi lebih lanjut nanti akan disampaikan,” kata Rikwanto ketika dikonfirmasi pada Minggu, 13 Agustus 2017.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Dihubungi terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, menyebutkan setiap warga Indonesia yang dipulangkan dari daerah yang ada pengaruh ISIS, maka akan melalui proses yang ketat. Proses itu dilakukan BNPT dan Kepolisian.

"Mereka yang menangani proses tersebut dan lamanya proses tersebut dilakukan mereka yang menentukan," kata Arrmanatha.

Tentara Israel saat melakukan operasi militer di Gaza, Palestina

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Selain berita tentang Israel, berita soal pengemudi Fortuner yang arogan juga menarik perhatian banyak pembaca kanal news VIVA.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024