Hari Pramuka, Adhyaksa Menangis Bacakan Pesan Bung Karno

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id – Kegiatan Raimuna XI tahun 2017 bertepatan dengan peringatan Gerakan Pramuka ke-56, pada 14 Agustus 2017. Ada 15 ribu peserta yang hadir dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengingatkan selama 56 tahun berdiri, gerakan pramuka telah berkontribusi banyak terhadap dunia pendidikan Indonesia.

Adhyaksa melanjutkan, gerakan ini memiliki potensi besar bagi generasi muda. Menjadi rumah besar bagi anak muda Indonesia, dengan visi dam misi serta keanggotaan dan jaringan yang juga sangat besar.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka yang Diperingati Setiap 14 Agustus

Menurut dia, dalam gerakan Pramuka ini, sekat-sekat politik, daerah dan agama melebur menjadi kebhinekaan yang indah.

"Sebab kenikmatan terbesar yang Tuhan berikan setelah keimanan adalah Tanah Air Indonesia," kata Adhyaksa, yang sempat mengulang kalimat itu.

Jokowi Minta Pramuka Turun Tangan Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Terdengar, suara pidato Adhyaksa bergetar. Dia meneteskan air mata, terutama saat membacakan pesan Presiden RI pertama, Soekarno. Di mana turut menyaksikan juga, putri proklamator itu yang juga Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

"Binalah dirimu! Dan setiap Pramuka Indonesia, menjadi patriot Indonesia yang berwatak kesatria dan berjiwa serta bertindak sesuai dengan Pancasila. Patriot Indonesia yang dengan teladan perbuatannya menjadi pandu Indonesia, yang menunjukkan jalan ke arah yang baik kepada masyarakat dan kepada diri sendiri, dalam penyelenggaraan amanat penderitaan rakyat," ujar Adhyaksa.

Adhyaksa nampak tidak mampu menahan tangisnya. Ia kemudian melanjutkan membaca pesan Bung Karno.

"Berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan 'Aku Pramuka Indonesia'," ujar Adhyaksa dengan suara yang semakin gemetar, disambut tepuk tangan meriah puluhan ribu peserta Raimuna XI.

Raimuna XI digelar sejak 14-21 Agustus 2017, dengan mengambil tema "Pramuka untuk Masa Depan Indonesia; Kreatif, Inovatif, Berkarakter".

Raimuna berasal dari bahasa Ambai, yang digunakan penduduk Yapen Timurdi Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Rai berarti sekelompok orang. Muna artinya daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai keberhasilan.

Maka Raimuna diartikan sebagai sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama, dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama.

Presiden Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana. Terlihat hadir juga Seskab Pramono Anung, Menpora Imam Nahrawi. Selain itu, hadir juga Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya