Oknum KPAI Diprotes Warga NU karena Video Diduga Hoaks

Ribuan santri NU se-Jawa Tengah berunjuk rasa menolak kebijakan Lima Hari Sekolah di Kota Semarang pada Jumat, 21 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Warga Nahdlatul Ulama, terutama di Jawa Timur, geram sejak kemarin. Penyebabnya, sebuah video yang menggambarkan demonstrasi sejumlah santri menolak Full Day School atau FDS yang menyudutkan tersebar di YouTube. Nahdliyin memprotes karena oknum Komisi Perlindungan Anak Indonesia ikut berkomentar.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Aksi menolak FDS itu digelar ratusan orang memakai busana khas santri di Lumajang, Jawa Timur, pada 7 Agustus 2017. Video demo berdurasi 1:30 menit itu pun tersebar di YouTube. Jadi ramai karena sebagian pendemo digambarkan meneriakkan kalimat 'bunuh menteri'.

Video itu jadi viral. Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty, ikut berkomentar atas video itu. "Ucapan atau ujaran kasar yang dilontarkan anak-anak dalam aksi sebagaimana cuplikan video tersebut sangat tidak patut dan berbahaya bagi tumbuh kembang anak," ujar Sitti, kemarin.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Reaksi Sitti langsung menuai protes dari warga NU. Sejak pagi hingga malam kemarin, nahdliyin peselancar media sosial dan grup-grup WhatsApp langsung menyampaikan kekecewaannya kepada Sitti KPAI. Dia dinilai berkomentar atas sebaran video tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Pihak pendemo menyampaikan bahwa demonstrasi di Lumajang itu berjalan tertib. Muncul insiden kecil, yakni masuknya orang tidak dikenal ke dalam kerumunan massa tapi hanya sebentar. Si provokator diamankan oleh pihak pendemo dan petugas keamanan.

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial

Koordinator aksi, Gus Nawawi, menyebut bahwa video tersebut lebih kepada hoaks. Kalau pun terjadi, hal itu cenderung penggiringan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Sebelum masuk arena lokasi ada yel-yel resmi, tidak sepeti yang ada di video yang tidak jelas teriakan katanya, mundur menterinya atau puber menterinya," katanya dalam keterangan tertulis diterima wartawan, termasuk VIVA.co.id. (ase)

Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024