Upacara di Istana, Menteri dan Asisten Ajudan dapat Sepeda

Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Tanah Bumbu Kalimantan Selatan
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Ada yang berbeda dalam perayaan ulang tahun RI ke-72 di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 17 Agustus 2017. Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla menyiapkan hadiah berupa sepeda.

Dapat Hadiah Sepeda dari Presiden, Kaesang Pangarep: Saya Berencana Mau Kasih Bapak

Tetapi, sepeda kali ini bukan diberikan kepada siswa sekolah atau masyarakat, seperti yang biasa dilakukan Jokowi dalam setiap kunjungan kerjanya. Kali ini, yang mendapatkan hadiah sepeda adalah menteri dan ketua lembaga, yang memang diharuskan mengenakan pakaian adat daerah.

"Saya dan Pak Wapres telah memutuskan untuk melihat seluruh tamu undangan yang hadir. Dan, pada kesempatan yang baik, telah diputuskan dewan juri yang memakai pakaian adat terbaik," jelas Jokowi dalam pengumumannya. 

Dapat Sepeda Jokowi karena Busana, Sri Mulyani: Kalau Sebutin Nama Jenis Ikan Saya Juga Bisa, Pak

Juara pertama adalah Menkumham, Yasonna H. Laoly. Yasonna mengenakan pakaian adat Karo, Sumatera Utara.

Juara kedua diberikan kepada Ketua DPD, Oesman Sapta, yang mengenakan pakaian adat Sumatera Barat. 

Jokowi Keliling Istana Bogor Naik Sepeda Lipat Kemerdekaan

Juara ketiga, yakni Iptu Syarief Muhammad, yang merupakan asisten ajudan Presiden Jokowi. Ia mengenakan pakaian adat Dayak, Kalimantan Barat.

Juara keempat diberikan kepada istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Tri Suswati. Ia mengenakan pakaian adat Papua. Sementara itu, yang kelima, adalah Ibu Agati, istri dari Wakil Ketua MPR Mahyudin. Ia mengenakan baju khas Dayak.

"Saya telah menyiapkan lima sepeda," kata Jokowi yang kemudian disambut tepuk tangan.

Syarief yang merupakan asisten ajudan Jokowi, mengaku kaget mendapatkan hadiah sepeda. "Biasanya, saya yang kasih ke peserta. Sekarang, saya dapat sendiri," kata Syarief. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya