Alasan Kiswah Kabah Digulung Saat Musim Haji

Ilustrasi jemaah umrah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eko Priliawito

VIVA.co.id – Pada saat musim haji beberapa tahun ini, jemaah akan melihat bagian bawah kiswah selalu diangkat. Dari kejauhan, jemaah akan melihat bagian bawah Kabah dilapisi dengan kain putih.

Viral Jemaah Umrah Ini Minta Hal Tak Terduga di Depan Kabah

Seperti dikutip dari surat kabar Al Sharq, Direktur Umum Lembaga Pembuatan Kiswah Kabah Dr Muhammad Bajudan menjelaskan, berrdasarkan keterangan Pengurus Besar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syekh Dr. Abdurrahman as-Sudais dan pantauan dari wakil ketua umumnya, Muhammad Khuzaim, bagian bawah kabah memang sudah diangkat setinggi tiga meter sejak Selasa pekan lalu.

Bagian kabah Kiswah kemudian dilapisi dengan kain katun dari empat arahnya, dalam rangka penghormatan dan menjaga kebersihannya.

Prilly Latuconsina Tulis Isi Hati Menyentuh Usai Jalani Ibadah Umrah

Langkah ini juga sudah sesuai dengan agenda operasional tahunan dari tim yang terdiri dari para spesialis dan teknisi. Tujuan lain dari pengangkatan Kiswah yaitu guna menghindari tindakan yang tidak diinginkan dari jemaah haji.

Saat musim haji memang banyak jemaah haji yang berupaya menyentuh Kiswah kabah. Bahkan, ada sebagian jemaah haji yang berusaha memotong bagian bawah Kiswah yang bergelantungan dalan rangka bertabarruk. Hal tersebut adalah tindakan yang salah.

Viral Video Ria Ricis Nangis Berdoa di Depan Ka'Bah, Netizen: Ustazah Oki Ceramahin Juga Adiknya

Setelah diangkat dan ditutup dengan kain putih sepanjang 47 meter, posisi kemudian akan dikembalikan lagi seperti semula setelah musim haji selesai. (ase)

Hajar Aswad di sudut Kabah Masjidil Haram

Tak Banyak yang Tahu, Hajar Aswad Pernah Dicuri dan Hilang Selama 22 Tahun

Selama ratusan tahun, Hajar Aswad menjadi salah satu simbol kesatuan umat Islam dalam ibadah haji. Setiap tahun, jutaan jamaah haji dari seluruh dunia berusaha menyentuh

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024