Minggu Malam, Kloter Akhir Jemaah Haji Tiba di Mekah

Jemaah haji Indonesia di Mekah, Arab Saudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Gelombang kedatangan jemaah haji Indonesia di Kota Mekah akan berakhir pada Minggu malam, 20 Agustus 2017. Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Makkah, hingga Sabtu, 19 Agustus 2017 tersisa 14 kelompok terbang lagi di Madinah.

Arab Saudi Larang Jemaah Lakukan Umrah Lebih dari Sekali saat Bulan Ramadhan, Ada Apa?

"Dimungkinkan, kedatangan terakhir di Makkah pada Minggu tengah malam,” ujar Kepala Daker Makkah Nasrullah Jasam, Minggu, 20 Agustus 2017.

Dengan berakhirnya fase kedatangan jemaah dari Madinah, maka Mekah akan fokus pada penerimaan jemaah dari Jeddah. Fase kedatangan dari Jeddah akan terus berlangsung hingga 27 Agustus 2017.

Ribuan Relawan Berikan Bantuan untuk Jemaah di Masjidil Haram Selama Musim Haji 2024

Sejauh ini dari data Siskohat, sudah ada 352 kloter dengan 140.895 jemaah haji Indonesia berada di Mekah. Jumlah ini terdiri dari 237 kloter jemaah yang datang dari Madinah dan 115 kloter jemaah yang datang dari Jeddah.

"Total jemaah yang sudah tiba di Tanah Suci sampai Sabtu malam sudah 383 kloter dengan 155.463 jemaah," kata Nasrullah.

Persiapan Hotel di Makkah Menyambut Jutaan Jemaah Umrah Selama Ramadhan

Seiring dengan semakin padatnya jemaah haji di Kota Melah, Nasrullah mengimbau agar jemaah dapat mengatur waktunya dengan baik saat akan beribadah di Masjidil Haram. Untuk menghindari kepadatan, jemaah diharapkan sudah berangkat ke Masjidil Haram lebih awal dan pulang lebih akhir.

"Jemaah tidak perlu terburu-buru pulang karena layanan bus shalawat berlangsung selama 24 jam," katanya.

Lebih dari itu, jemaah juga diimbau tidak memaksakan diri beribadah di Masjidil Haram. Harap memperhatikan kesehatannya.

Untuk siang hari yang suhunya masih terbilang panas, hendaknya jemaah memanfaatkan fasilitas masjid yang ada di hotel masing-masing untuk mendengarkan taushiah dari pembimbing ibadah, membaca Alquran dan berzikir.

"Jemaah juga diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar ibadah untuk menjaga kesehatan mengingat waktu wuquf yang merupakan inti ibadah haji tinggal 10 hari lagi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya