Pesawat Misterius di Pantai Garut Ternyata Milik LAPAN

Pesawat tanpa awak yang ditemukan di Pantai Selatan Garut Jawa Barat, Minggu (20/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Bangkai pesawat tanpa awak yang ditemukan oleh warga di wilayah pesisir pantai selatan Garut, Jawa Barat, pada Minggu, 20 Agustus 2017 ternyata milik lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Awalnya pesawat tanpa awak itu diketahui oleh salah seorang warga bernama Yayat (55 tahun) di Pantai Gemblongan, Desa Purbayani. Saat ditemukan pesawat tanpa awak berwarna oranye dengan sayap berwarna kuning itu diketahui bertuliskan BANSHEE 6547, serta bertuliskan pada sayap TARGET.

Kapolsek Caringin Ipda Sulistio menyatakan pesawat tanpa awak itu milik LAPAN yang memang sedang melakukan uji tembak roket. "Masyarakat tak perlu khawatir atas penemuan pesawat tanpa awak yang jatuh di perairan pantai Selatan Garut, karena uji coba penembakan roket terhadap pesawat tanpa awak kerap dilakukan LAPAN," kata Sulistio, Senin, 21 Agustus 2017.

Indonesia Mengalami Ekuiluks, Wilayah Ini yang Pertama Merasakan

Diduga pesawat tanpa awak itu jatuh di pinggir pantai karena terbawa angin usai ditembak roket di udara. "Ya seperti biasa, angin laut kan kencang, usai tertembak roket di udara, pesawat tanpa awak tidak langsung jatuh ke laut, ada juga yang terbawa angin hingga jatuh di pinggir pantai," ujarnya. (one)

Anggota Polairud mengamati kapal tanpa identitas yang karam di Pantai Garut

Kapal 'Hantu' Terdampar di Pantai Garut Selatan, Warga Dilarang Mendekat

 Kapal tanpa identitas dilaporkan terdampar di Pantai Ranca Buaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut Jawa Barat, Senin 9 Januari 2023.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2023