Menag Ingatkan Jemaah Haji Selalu dalam Rombongan

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyapa para jemaah lanjut usia di Jeddah, Minggu malam (20/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Menteri Agama Indonesia Lukman Hakim Saifuddin akhirnya tiba di Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Minggu malam, 20 Agustus 2017. Amirul hajj ini datang bersama naib amirul hajj, anggota dan staf kesekretariatan.

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Dari pantauan, Lukman Hakim terlihat keluar dari gate kedatangan pada pukul 21.45 waktu Arab Saudi. Ia disambut oleh Duta Besar RI Agus Maftuh Abegebriel dan Konsul Jenderal RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin.

Turut mendampingi, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Prof Nizar Ali, Direktur Pelayanan Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji, Khoirizi HD, Kepala Biro Humas Kemenag, Mastuki, Ketua PPIH Ahmad, Dumyathi Basori, dan Kadaker Bandara, Arysad Hidayat.

Mantan Menag Lukman Hakim Diperiksa Terkait Haji dan Gratifikasi

Begitu tiba, Lukman Hakim dan rombongan langsung menyapa jemaah haji kloter 47 Jakarta (JKG 47) di Plasa B Bandara King Abdul Azis. Kedatangannya cukup membuat heboh jemaah. Mereka terlihat berebut untuk bersalaman dan berswafoto.

"Ibu dan Bapak sekarang sudah ada di Jeddah, sebentar lagi kami akan antar ke Mekah. Seperti diketahui, Mekah saat ini sudah padat sekali. Karena itu, Ibu dan Bapak agar selalu berjalan dengan rombongan," ujar Lukman.

Indeks Kepuasan Haji Meningkat, Menag: Ini Keberhasilan Semua Pihak

Lukman kemudian menyapa jemaah haji lansia yang menggunakan kursi roda. Ia terlihat berjongkok agar dapat berbincang dengan Syuf'ah binti Suhari (87 tahun) asal Banten. Ia berpesan agar anak yang mendampingi Syuf'ah senantiasa selalu menjaganya.

Di kesempatan itu, Lukman juga bertatap muka dan bercengkrama dengan jemaah lansia lainnya. "Ibu dan Bapak, ini makanan yang akan dibagikan di bus. Tapi Bapak dan Ibu juga boleh makan di tempat tunggu ini," katanya.

Setelah menyapa jemaah, Menag kemudian melihat bus yang akan mengantar jemaah ke Mekah. Dia memeriksa kondisi bus dan memeriksa seluruh fasilitas yang ada di dalamnya.

"Saya sudah cek busnya yang benar-benar baru dan juga makanan untuk jemaah. Alhamdulilah kualitas makanannya cukup baik," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya