Daftar 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Ilustrasi-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA.co.id – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi merampungkan pengelompokan perguruan tinggi se-Indonesia.

Pendaftaran SNMPTN 2022 Dibuka Hari Ini! Simak Cara Daftarnya di Sini

Dari klasterisasi ini didapati ada 100 perguruan tinggi non-politeknik dan sebanyak 25 perguruan tinggi politeknik yang dianggap memenuhi empat komponen utama klasterisasi, yakni kualitas sumber daya manusia, kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan kualitas penelitian serta publikasi ilmiah.

"Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat, jangan percaya data hoax yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan Kementerian," ujar Menristekdikti Mohamad Nasir dikutip dari laman resmi ristekdikti.go.id, Selasa, 22 Agustus 2017.

Catat Daftar Masuk PTKIN Jalur SPAN dan UM Mulai Februari 2022

Pengelompokan ini ditujukan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi. Sekaligus juga sebagai motivasi bagi penyelenggara perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

"(Klasterisasi) sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas sumber daya manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya," ujar Nasir.

Ali Mochtar Ngabalin Kasih Sinyal Ada Kepala Badan Kena Reshuffle

Lalu, perguruan tinggi apa saja yang masuk dalam peringkat 100 besar dan 25 besar untuk politeknik? Simak infografis berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya