Kapolri Prihatin Banyak Polwan Cuma Suka Selfie di Instagram

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Sebanyak 24 orang anggota polisi Wanita (polwan) mendapatkan penghargaan usai menaklukkan salah satu puncak tertinggi di kawasan Asia Tenggara yakni Puncak Cartenz di Pegunungan Jaya Wijaya Papua. 

Terpopuler: Video Dugaan Aliran Sesat, Erupsi Marapi hingga Pembunuh Emak-emak Ditangkap

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, ia dan istrinya khawatir lantaran dewasa ini beberapa Polwan muncul di media sosial namun hanya untuk foto selfie semata.

Ia tak mempermasalahkan hal itu. Namun, ia merasa perilaku Polwan seperti itu nantinya bisa jadi bahan bullying orang lain.

Sosok Brigjen Nurul, Polwan Cantik Jadi Komandan Upacara Kenaikan Pangkat 4 Jenderal

Maka dari itu, muncul usulan untuk melakukan ekspedisi pendakian ke Puncak Cartenz oleh para Polwan beberapa waktu lalu oleh istrinya dan dia. Hal itu untuk menunjukkan, Polwan dididik guna jadi seorang polisi profesional.

"Prihatin melihat adik-adik Polwan banyak muncul di Facebook, muncul di Instagram yang ditampilkan gambar-gambar pada saat menunjukkan kecantikan, sambil miring, selfie sana, selfie sini," kata Tito di Mabes Polri, Rabu, 23 Agustus 2017.

Aksi Polwan Ditlantas Polda Riau Sampaikan Pesan Menyejukan soal Pemilu di CFD

Tito menjelaskan apa yang telah dilakukan oleh para Polwan yang sudah mendaki Puncak Cartenz adalah momentum untuk menunjukkan pada khalayak banyak tentang kemampuan Polwan di Indonesia. Ia menegaskan, polisi wanita punya hak yang sama dengan polisi laki-laki dalam hal karier dan jabatan.

"Nyatanya banyak yang ditugaskan tukang ngantar air minum utk para pejabat. Istri prihatin. Saya juga prihatin," katanya.

Puncak Cartenz dipilih sebagai gunung yang didaki mereka lantaran satu dari tujuh titik paling tinggi di dunia (seven summits). Usulan tersebut dilaksanakan, sebab Tito ingin menunjukkan Polwan mempunyai fisik yang tidak kalah dengan laki-laki.

"Ini ingin menunjukkan bahwa secara fisik tidak kalah dengan laki-laki. Ide yang keluar kenapa tidak coba naik seven summit mumpung salah satunya ada di Indonesia, milik Indonesia dan satu-satunya gunung di daerah tropis yang memiliki salju," katanya.

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) bahkan menganugerahkan dua piagam penghargaan rekor dunia kepada Polri akan hal itu. Penghargaan diberikan atas pencapaian yang dilakukan tim ekspedisi Puncak Cartenz Polwan.

Dua penghargaan itu diberikan lantaran pencapaian polisi wanita bisa mendaki Puncak Cartenz dan karena perayaan Hari Kemerdekaan yang tidak biasa, yakni menancapkan bendera Indonesia dan Tribata di puncak tertinggi Nusantara.

Puncak Cartenz merupakan satu dari tujuh titik paling tinggi di dunia (seven summits). Gunung itu berketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya