Jemaah Haji Minta Koper Bagus dan Makanan Ditambah

Jemaah haji Indonesia tiba di Mekah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Tim Pengawas Haji dari Dewan Perwakilan Rakyat telah menemui jemaah haji Indonesia. yang berada di sejumlah hotel dan melakukan inspeksi mendadak di pemondokkan. Dalam sidak ini, cukup banyak saran yang disampaikan jemaah kepada petugas.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Menurut Ketua Tim Pengawas Haji DPR gelombang pertama, Fadli Zon, secara umum fasilitas hotel, transportasi dan layanan kesehatan untuk jemaah sudah sangat baik. Meski ada kejadian katering basi. Tapi itu bisa dicegah sebelum sampai kepada jemaah.

"Pemondokkan meningkat, meski ada jarak yang jauh dan  itu menjadi catatan. Meski ada bus salawat. Jemaah juga menilai hotel di Mekah sudah bagus. Masukan, menyangkut makanan rasa Indonesia lebih lagi. Harapan lainnya adalah makanan ditambah," katanya.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Fadli mengatakan, dalam sidak itu, ada juga jemaah yang mengeluhkan kondisi tas tangan dan koper. Menurut jemaah, kualitas tas dan koper kurang bagus dan mudah rusak.

"Kalau tasnya bagus sekali, kan bagus. Bisa dilihat anak cucu. Mereka ingin kualitas diperbaiki," katanya.

Pencarian 1 Jemaah Haji yang Hilang, Menteri Agama: Diteruskan Tanpa Batas Waktu

Fadli Zon menuturkan, yang perlu diantisipasi pada pelaksanaan puncak haji. Selain banyak jemaah yang telah berusia lanjut, juga banyak jemaah dengan risiko tinggi.

"Saya kira yang perlu diantisipasi puncaknya, karena cuaca juga cukup ekstrem, mereka yang dirawat ada yang sesak napas dan ada penyakit yang bawaan dari Indonesia dan jumlah yang meninggal cukup banyak di Madinah dan Mekah, sudah 60 lebih. Mudah-mudahan makin lancar. Antisipasi perlu karena kuota kembali normal," ujarnya.

Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kementerian Agama merilis sebanyak 77 jemaah haji masih berada di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan, puluhan jemaah menjalani perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023