KPK Didesak Tahan Setya Novanto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Sumber :
  • REUTERS/Crack Palinggi

VIVA.co.id - Ratusan orang yang mengaku dari Masyarakat Pencinta Keadilan melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Agustus 2017. Aksi unjuk rasa ini menuntut KPK menahan Ketua DPR Setya Novanto yang berstatus tersangka kasus korupsi e-KTP.

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

Koordinator Lapangan aksi, Baharuddin, mengatakan hingga kini Novanto masih bebas selayaknya orang yang tidak memiliki persoalan hukum. Hal ini, dinilai tidak adil dan seakan mengistimewakan Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

"Koruptor lainnya, setelah ditetapkan tersangka tidak berselang lama kemudian ditahan. Tapi mengapa Setnov seakan diistimewakan, ini tidak adil," kata Baharuddin, Rabu, 23 Agustus 2017.

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

Menurut Baharuddin, pihaknya akan terus mendesak KPK untuk segera menahan Novanto. Karena jika Novanto dibiarkan bebas dikhawatirkan akan membuat manuver politik yang dapat memengaruhi proses penegakkan hukum.

"KPK sudah memiliki alat bukti yang lengkap dan valid. Jadi, sudah sepantasnya KPK menahan Setya Novanto demi penegakan hukum dan terwujudnya rasa keadilan di negeri ini," ujarnya

Diperiksa Kasus E-KTP, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bantah Kenal Tanos

Menurut Baharuddin, KPK jangan justru melemahkan diri sendiri dengan membiarkan Novanto bebas. Sebab selama masih belum ditahan, Novanto akan terus-menerus melakukan intervensi kepada semua lembaga penegak hukum dengan kekuasaan yang dimilikinya.

"Apa yang terjadi ini, akan merusak citra lembaga penegak hukum, termasuk KPK itu sendiri," ujarnya.

Agus Rahardjo

Bambang Pacul Sebut Pernyataan Agus Rahardjo soal Intervensi Jokowi Kedaluarsa: Motifnya Apa Coba?

Politikus PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mempertanyakan motif mantan Ketua KPK Agus Rahardjo yang menyebut Jokowi intervensi kasus e-KTP

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023