Video Saat Pendaki Dipalak Pria Bergolok di Gunung Guntur

Solihin (baju merah) saat cegat dan palak seorang pendaki Gunung Guntur.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA.co.id – Seorang pria bergolok mengadang dan meminta uang secara paksa atau memalak pecinta alam yang hendak melakukan pendakian ke puncak Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Eno Pita Azhar, seorang pendaki gunung asal Jakarta menjadi salah satu pendaki yang menjadi korban pengadangan pria tak dikenal itu.

Eno dan enam temannya dicegat saat dalam perjalanan mendaki dari basecamp Jalur Citiis menuju pos satu. Peristiwa itu terjadi pada sekira pukul 07.00 WIB, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Saat berbincang melalui sambungan telepon, Kamis, 24 Agustus 2017, Eno mengatakan, sempat dilanda ketakutan ketika dicegat pria bergolok itu. "Saya rekam videonya dari jauh, takut," kata Eno.

Berdasarkan rekaman video yang dikirimkan Eno ke VIVA.co.id, saat mencegat pendaki di jalur, pria tak dikenal itu mengenakan baju kaus berwarna merah. Di pinggangnya terselip sebilah golok. 

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

Terlihat pria itu sedang mencegat rombongan pendaki yang berjalan bersama rombongan Eno. Pria bergolok berusaha menarik seorang pendaki dan meminta uang sambil marah-marah.

Bahkan, pria itu memepetkan tubuhnya ke badan pendaki yang dicegat. Karena pendaki itu tak mau memberikan sejumlah uang yang diminta.

Dalam rekaman, rombongan Eno terlihat tetap melaju meninggalkan pria itu tanpa memberikan uang yang diminta. Sebab, menurut Eno, saat dia melakukan pendakian, pihak pengelola Gunung Guntur sedang tidak memungut biaya Surat Izin Memasuki wilayah Konservasi (SIMAKSI).  "Sedang gratis selama bulan Agustus, Kami naik dari jalur pendakian Citiis," katanya.

Lihat rekaman video berikut atau klik ini:

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya