Gempa Sumatera Barat

Masyarakat Mentawai Lebih Siap Hadapi Gempa

VIVAnews - Gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter di Sumatera Barat, Rabu 30 September 2009 lalu, tidak membuat masyarakat yang tinggal di Kabupaten Mentawai resah. Umumnya mereka siap dengan kondisi terburuk sekalipun.

Wakil Bupati Mentawai Yudaf Sabagalet mengatakan, meski trauma, warga yang bermukim di Sibeurut Selatan, Kabupaten Mentawai umumnya sudah siap, karena setiap terjadi gempa mereka pasti lari ke bukit-bukit setinggi 80-200 meter.

"Mereka jauh lebih siap dibandingkan dengan masyarakat kota Padang dan Pariaman," kata Yudaf Sabaglet kepada wartawan, Rabu 7 Oktober 2009.

Padahal, lanjut Yudah, gempa yang sangat keras dirasakan justru berada di Mentawai, tetapi korban nol persen. "Satu pun tidak ada korban jiwa, itu karena mereka jauh lebih siap menghadapi gempa," tuturnya.

Selain siap menghadapi gempa, bangunan-bangunan yang ditempati warga Mentawai umumnya terbuat dari kayu, sehingga tidak mudah roboh ketika gempa datang. "Hanya beberapa gedung pemerintahan yang rusak parah, karena memang tidak terbuat dari kayu," ujarnya.

Saat ini mereka hanya membutuhkan tenda-tenda, selimut maupun makanan. Karena sebagian besar warga tetap memilih berada di luar rumah maupun di bukit-bukit, dan tidak akan turun sebelum pemerintah menyatakan aman.

Saat gempa terjadi sedikitnya 600 kepala keluarga yang berada di Kabupaten Mentawai hingga kini membutuhkan makanan sehat. Mereka juga berharap agar pemerintah segera membangun tenda-tenda darurat untuk proses belajar mengajar.

"Selain membutuhkan makanan, air bersih, saat ini yang mereka butuhkan adalah tenda-tenda darurat untuk proses belajar mengajar. Meski sebagian sudah mulai beraktivitas lagi," katanya.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia
Foto : Ketua DPRD Provinsi Jambi Bersama Wakil Beserta Gubernur Jambi

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

DPRD Jambi melaksanakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Gubernur Jambi tahun anggaran 2023

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024