Didukung PKB, Ridwan Kamil Masih Butuh Parpol Lain

Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung Jawa Barat
Sumber :
  • Bandung.go.id

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mendapat dukungan tambahan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai calon gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Kata Dedi Mulyadi soal Maju Pilgub Jabar, Jadi Ketua RT pun Siap!

Dengan kekuatan baru tersebut, memperkuat intensitas berkoalisi dengan partai lain, menjadi prioritas selanjutnya. Ridwan Kamil yang diusung partai Nasional Demokrat (Nasdem) memiliki lima kursi, ditambah dengan PKB yang saat ini mempunyai tujuh kursi di DPRD Jawa Barat, masih membutuhkan tambahan dari partai lain.

"Berarti berikutnya intensintifikasi untuk pemenuhan koalisi. Karena baru 12, masih butuh delapan lagi," ujar Ridwan kamil di Bandung Jawa Barat, Senin malam 28 Agustus 2017.

RK Ngaku Rasional Maju Lagi di Pilgub Jabar: Hak Saya Gubernur Periode Kedua

Bahkan, dengan keputusan PKB sebagai partai kedua yang menyatakan mendukung setelah Nasdem, diharapkan menjadi promotor kepada partai lain.

"Iya, karena PKB yang paling di depan dalam mengambil keputusan. Karena kecepatan mengambil keputusannya, tentu yang cepat ngambil keputusan ini seyogyanya menjadi inisiator dalam menggenapkan koalisi," katanya.

Jika Bisa Dongkrak Suara Golkar, RK Diprediksi Diusung Jadi Calon DKI-1

Wali Kota yang akrab disapa Emil ini menambahkan, Nasdem mampu menyesuaikan dengan situasi tersebut jika PKB bersedia menjadi inisiator untuk koalisi. "Nasdem ini sangat fleksibel, jadi enggak ada masalah," katanya.

Partai yang saat ini diharapkan merapat mengusungnya di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Demokrat, hingga Hanura.

"Masih komunikasi, yang intensif ini kan dengan PPP. Mudah-mudahan kalau PPP, PAN, Demokrat juga bisa intensif menyepakati. Hanura, akhirnya genaplah," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya