Pilot Maritim dari 23 Negara Asia Pasifik Tukar Ilmu di Bali

Pilot maritim merupakan petugas pemandu kapal yang melakukan pelayanan lalu lintas kapal laut di pelabuhan.
Sumber :
  • Berton Siregar/Batam

VIVA.co.id – Para petugas pemandu kapal alias “pilot maritim” internasional dari 23 negara Asia Pasifik hari ini berkumpul di Bali. Mereka di Pulau Dewata itu ikut pertemuan selama tiga hari dalam acara The 1st Asia Pasific Maritime Pilots Forum.

Pilot Lempar Kendali ke Kopilot untuk Bantu Persalinan Ibu di Udara, Netizen: Keren!

Presiden International Maritime Purchasing Association, Simon Pelletier, mengungkapkan pertemuan itu untuk mencapai kesamaan persepsi di kalangan pilot maritim di kawasan Asia Pasifik. Mereka pun ingin membangun kolaborasi multilateral di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan pelatihan pilot maritim.

"Pertemuan ini juga akan menampung aspirasi anggota asosiasi pilot maritim Asia Pasifik. Forum tersebut juga sebagai tempat bertukar pengetahuan, pengalaman, keterampilan, motivasi dan networking," kata Simon, Selasa 29 Agustus 2017.

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Terakhir, forum ini diharapkan menjadi wadah menampung aspirasi, gagasan dan pemikiran kepada pemerintah dan dunia internasional mengenai keselamatan kemaritiman.

Ia berharap pertemuan ini dapat menghasilkan kerja sama efektif multilateral antar anggotanya. Meski forum ini kali pertama dibuat, namun Simon berharap dapat menjadi penggerak kemaritiman dunia. Ia berharap melalui forum ini masa depan kemaritiman dunia semakin baik ke depannya.

Pengemudi Mobil Ini Disebut Punya Skill Nyetir Selevel Pilot

Presiden Indonesian Pilots Maritime Association (INAMPA), Pasoroan Herman Harianja, mengungkapkan pilot maritim ini merupakan petugas pemandu kapal yang melakukan pelayanan lalu lintas kapal laut di pelabuhan. Pilot maritim perannya sangat sentral bagi keberhasilan kemajuan perekonomian suatu negara.

Menurutnya, pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan International Maritime Purchasing Association ke-23 yang berlangsung di Korea pada September tahun lalu.

"Pertemuan ini juga bagian dari usaha Ini Indonesian Pilots Maritims Association dalam membantu program-program pemerintah di bidang kemaritiman, salah satunya adalah lalu lintas kapal yang masuk ke pelabuhan," papar dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya