DPRD Sebut Jemaah Haji Jakarta Dijatah Makan Cuma Dua Kali

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, meninjau tempat pemondokan haji asal Ibu Kota di Mekah, Arab Saudi, pada Rabu waktu setempat, 30 Agustus 2017.

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Prasetio merilis keterangan tertulis hasil pengamatannya tentang kondisi jemaah haji asal Jakarta kepada pers di Jakarta. Dia mengaku kecewa karena kebutuhan pokok jemaah yang harusnya dipenuhi ternyata luput dari perhatian Panitia Penyelenggara Ibadah Haji.

"Jemaah haji asal DKI Jakarta hanya diberi makan dua kali sehari. Harusnya, kan, mereka makan tiga kali sehari karena butuh banyak energi juga," katanya.

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

Dalam 39 hari selama di Tanah Suci, Prasetio menyebut jemaah hanya diberi makan selama 12 hari, sementara sisa hari lain harus mencari dan memasak sendiri.

Jemaah juga mengeluhkan kepadanya tentang jarak pemondokan untuk menuju Masjidil Haram. Ditambah tak sedikit jemaah berusia sepuh sehingga sangat berisiko tak bisa fokus beribadah karena keterbatasan fisiknya.

Tips bagi Jemaah Haji Hilangkan Pegal Selama di Pesawat

"Jadi, jemaah yang berisiko tinggi, karena jarak yang jauh, sementara suplai makanan mereka bisa dibilang kurang. Makanan gizinya kurang bagus, tidak memadai. Harusnya ada tambahan vitamin, gizi dan lain-lain," ujarnya.

Politikus PDIP itu berencana memanggil serta mengevaluasi penanggung jawab jemaah haji berikut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ada 8.000 orang jemaah asal Jakarta, sehingga pemerintah harus benar-benar memperhatikan agar peristiwa serupa tak terulang di masa mendatang.

Prasetio yang juga saat kunjungan kerja ke pemondokan jemaah itu didampingi Wakil Ketua DPRD DKI, Muhamad Taufik; dan Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI, Hendra Hidayat, meminta agar tahun-tahun berikutnya kejadian serupa tak terulang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya