Melihat Uniknya Haji dalam Angka

Jemaah haji Indonesia di Mekah, Arab Saudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Ibadah haji sudah menjadi kewajiban setiap pemeluk agama Islam di dunia. Sebab itu, momen ibadah haji menjadi fenomena menarik setiap tahunnya.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Jutaan orang rela dari berbagai belahan dunia pun berkumpul, berdesakan dan meninggalkan segalanya demi mendapat predikat haji.

Lalu, bagaimana istimewanya ibadah haji ini jika ditilik dari kacamata angka? Simak ulasan berikut yang diambil dari beragam pranala dan tampilan sejumlah foto dari VIVA.co.id dan kantor berita Reuters:

Kuota 2024 Terbesar Sepanjang Sejarah Penyelenggaraan Ibadah Haji

Lebih dari 2 Juta Orang

Puncak Ibadah Haji, Jutaan Jemaah Memadati Arafah

Indeks Kepuasan Jemaah Kian Positif, Performa Petugas Haji Makin Diuji

Musim haji tahun 2017, mencatatkan ada 2,1 juta orang dari seluruh dunia ikut berpartisipasi. Jumlah ini disebutkan menjadi jumlah terbanyak jemaah yang hadir ke Arab Saudi.

221 ribu jemaah

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji mengecek paspor calon haji di Asrama Haji Surabaya di Sukolilo Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 6 Juli 2017.
Di Indonesia, kuota haji tahun 2017 mencapai 221 ribu orang, yang terdiri dari 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Seluruh jemaah ini diberangkatkan secara bergelombang dengan 512 kelompok terbang (kloter).

Lebih dari 500 jemaah tersesat

Puncak Ibadah Haji, Jutaan Jemaah Memadati Arafah.
Padatnya jumlah orang di tanah suci, kerap menimbulkan kejadian tersesat untuk para jemaah haji. Khusus jemaah asal Indonesia, tercatat telah ada lebih dari 500 kasus jemaah tersesat dan sebanyak 30 orang lagi dilaporkan hilang.

Lebih dari 120 orang wafat

Lokasi pemakaman bagi jemaah haji yang wafat di Tanah Suci Mekah

FOTO: Lokasi pemakaman bagi jemaah haji yang wafat di Tanah Suci Mekah

Setiap tahun, jemaah haji yang wafat di tanah suci selalu ada. Khusus tahun 2017, laporan terakhir hingga Senin, 28 Agustus, setidaknya telah ada 122 jemaah haji yang meninggal di tanah suci.

2.500 tenda

Tenda Jamaah Haji RI 2017.
Secara keseluruhan di Arab Saudi selama musim haji akan ada lebih dari 100 ribu tenda yang berdiri. Terkhusus Indonesia, tahun 2017 disebutkan telah dibangun 2.600 tenda baru. Di wilayah Mina, ribuan tenda bahkan terpasang hingga mencapai 2 kilometer untuk para jemaah.

15.470.000 Kerikil

Arab Saudi telah mempersiapkan batu untuk melempar jumrah bagi jemaah haji.
Setiap prosesi melempar jumrah, jemaah haji pasti dibekali batu kerikil setiap orangnya. Setidaknya ada 70 buah batu yang dikemas khusus oleh panitia untuk dibawa oleh para jemaah. Karena itu, jika ada 221 ribu jemaah asal Indonesia saja, maka akan ada lebih dari 15 juta batu yang dilempar. Ini belum dikali dengan total jemaah seluruh dunia.

17.000 petugas keamanan

Jamaah Haji Berdoa di Jabal Nur
Arab Saudi mengaku telah menyiapkan 17 ribu petugas keamanan mereka untuk mengawasi pelaksanaan musim haji. Mereka juga dibantu dengan 5.000 kamera pengawas untuk memantau aktivitas jemaah. Dari jumlah itu konon, 1.000 kamera diletakkan khusus di Masjidil Haram.

Lebih dari 6 juta ton sampah

Ini Menu Makanan Jamaah Haji Indonesia
Konon, setiap musim haji maka Arab Saudi akan kebanjiran sampah hingga jutaan ton. Setidaknya rata-rata sampah mencapai 6 juta ton dan membutuhkan lebih dari 20 ribu orang petugas kebersihan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya