Tema Salat Idul Adha di Istiqlal Sejalan dengan Misi Jokowi

Jokowi dan JK saat beribadah di Masjid Istiqlal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Masjid Istiqlal telah menyatakan kesiapannya menyelenggarakan salat Idul Adha, Jumat besok, 1 September 2017. Berbagai persiapan pun dilakukan, demi menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi masyarakat yang laksanakan salat id di Masjid Istiqlal.

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

Pada tahun ini, tema yang diusung adalah Idul Adha dan Semangat Rekonsiliasi Nasional. Nantinya, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin akan menyampaikan isi dari tema tersebut dalam khutbah salat Idul Adha 1438 Hijriah.

“Ini tentu sejalan dengan misi Presiden kita,” kata Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2017.

Imam Besar Istiqlal Ucapkan Selamat kepada Prabowo jadi Presiden Terpilih

Pengelola masjid terbesar di Asia Tenggara ini berharap, tema tersebut menjadi momentum persatuan seluruh umat Islam di Indonesia, yang bertepatan langsung dengan perayaan hari raya kurban. Apalagi, sebagai negara yang memiliki beragam macam budaya, hal ini perlu kembal ditekankan.

“Kita ini bangsa dengan bahasa, etnik dan etnis yang berbeda. Mudah-mudahan ini bisa menjadi momentum,” ujarnya.

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Berbagai persiapan yang dilakukan pengelola Masjid Istiqlal jelang ibadah salat Idul Adha, di antaranya adalah memastikan aliran listrik tidak mengalami kendala yang menganggu jalannya ibadah. Selain itu, pengelola pun memastikan mesin pendorong air dalam kondisi prima. (mus)

Suasana di Masjid Istiqlal saat menjelang salat ied Idul Fitri (ilustrasi).

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Purnomo Condro mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal jika hendak melakukan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024