Ponpes Ini Terkejut Lihat Sapi Kurban 1,2 Ton dari Menhub

Sapi kurban dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Pondok pesantren Gedongan yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat baru pertama kali mendapatkan sapi kurban seberat 1,2 ton. Hewan kurban itu merupakan sumbangan dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Grandong, Sapi Kurban Irfan Hakim yang Beratnya 1,3 Ton

Sesepuh Ponpes Gedongan, KH Muchlas Dimyathi mengakui baru pertama kali ada menteri yang menyerahkan hewan kurban dengan bobot sangat besar di pondok pesantrennya. Pria paruh baya ini mengaku sangat bingung dengan proses penyerahannya dan terkejut dengan Sapi Limosin berwarna cokelat yang memiliki berat 1,2 ton.

"Kami merasa bingung seingat saya enggak ada wapres, bupati, gubernur, menteri tiap tahun kurban ke Gedongan tanpa ada tanda terima. Menteri Perhubungan bener-bener beri kejutan ke pesantren. Mudah-mudahan akan dapat kejutan dalam bidang pendidikan," ujarnya di Desa Ender, Kecamatan Pangenan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat 1 September 2017.

20 Ucapan Hari Raya Idul Adha 1442 H

Selain di ponpes, Menhub secara pribadi juga memberikan Sapi seberat 500,5 kilogram di kantor KSOP kelas II Cirebon. Tapi, untuk menyerahkan dua sapi ini, Budi Karya Sumadi tidak bisa hadir karena mendampingi Presiden Jokowi ke Sukabumi, Jawa Barat.

Maka yang menyerahkan kedua hewan kurban ini yaitu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo. Muchlas menuturkan dia diminta Budi Karya Sumadi untuk mewakili penyerahan dua sapi ini di Cirebon dan ia cukup berikan apresiasi untuk jumlah hewan kurban yang ada di pelabuhan ini.

Resep Opor Ayam Khas Palembang, Menu Spesial Hari Raya Idul Adha

Kepala Kantor KSOP kelas II Cirebon, Revolindo memuji kekompakan warga di lokasi sekitar pelabuhan. "Dengan pak menteri kurban di sini jadi buat stakeholder termodifikasi dengan jumlah sapi 16 ekor, kambing 19 ekor. Nanti rencana kami akan salurkan ke masyarakat sekitar pelabuhan dan beberapa yayasan yang membutuhkan," tuturnya.

Sapi kurban Presiden Jokowi di Solo.

Istimewanya Sapi Kurban Jokowi yang Disembelih Hari Ini di Solo

Sapi kurban yang dibeli Jokowi memiliki bobot 837 kilogram dan dirawat tidak seperti sapi-sapi kurban lainnya.

img_title
VIVA.co.id
21 Juli 2021