Sapi Ini Mandi Air Kembang, Disisir, Dibedaki, Baru Dipotong

Tradisi memandikan hewan kurban dengan air kembang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andry Mardiansyah

VIVA.co.id – Mayoritas warga Sumatera Barat, Sabtu, 2 September 2017 melaksanakan proses penyembelihan hewan kurban. Berbeda dengan proses penyembelihan hewan kurban di tempat lain pada saat perayaan Hari Raya Idul Adha, jemaah Syattariyah yang berpusat di Masjid Nurul Huda, Purus Baru, Kota Padang, Sumatera Barat melakukan ritual khusus kepada hewan kurban sumbangan dari para jemaah.

Viral Sapi Mengamuk Hingga Rubuhkan Tenda, Netizen: Panik Ga? Paniklah Masa Engga

Sebelum disembelih, hewan kurban tersebut disiram dengan air kembang yang dicampur dengan limau (jeruk nipis) dan paureh langkok (daun-daunan khusus) seperti daun sitawa, sidingin, cikumpay, cikarau serta bedak. Tak hanya itu saja, hewan kurban juga dirapikan dengan cara disisir pada bagian rambut kepalanya.

Ritual tradisi ini sudah dilakukan oleh jemaah Syattariyah setempat setiap kali penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha, karena sudah menjadi tradisi turun temurun dari tetua terdahulu. 

Viral Seorang Pria Meninggal Saat Lihat Sapi Kurbannya Disembelih, Netizen Sedih

Bagi jemaah Syattariyah, ritual ini merujuk pada riwayat kurban pada masa Nabi Ibrahim yang mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih sang anak semata wayangnya yakni Ismail. Sebelum Ibrahim melaksanakan perintah Allah, terlebih dahulu memandikan dan mendandani Ismail sebelum dibawa ke tempat penyembelihan, agar berada dalam kondisi yang bersih dan suci.

Dikatakan Buya Bainullah Tuanku Elok, Imam Masjid Nurul Huda, ritual ini selalu dilakukan setiap tahun saat menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha. "Karena dulu Nabi Ibrahim memandikan dan mendandani Ismail terlebih dahulu sebelum melaksanakan perintah Allah, maka dari itu, kita merujuk ke sana," kata Buya Bainullah Tuanku Elok.

Viral Provos Diuber Sapi di Exit Tol Ancol, Netizen: Astagfirullah

Sebelum ritual dilakukan, lanjut Buya Bainullah Tuanku Elok, semua bahan campuran yang digunakan terlebih dahulu dipersiapkan dan disatukan dalam ember dan dibacakan doa. Termasuk juga pisau atau golok yang digunakan untuk menyembelih hewan kurban tersebut.

"Setelah ritual selesai dilakukan, proses penyembelihan hewan kurban berjalan seperti biasanya. Sedangkan untuk jumlah hewan kurban, tahun ini berjumlah lima ekor sapi," imbuhnya.

Mediasi Dewi Perssik dengan Ketua RT

Berseteru dengan Dewi Perssik, Pak RT Jelaskan Kondisi Wilayahnya Setiap Kurban

Dewi Perssik dan Ketua RT, Malkan sudah melakukan mediasi, namun tidak membuahkan hasil. Dewi juga menangis di hadapan awak media. Dewi sempat marah pada saat mediasi.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2023