Gempa Sumatera Barat

Pemerintah Akan Bangun Kembali Sekolah Swasta

VIVAnews - Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo menjanjikan sekolah-sekolah di Sumatera Barat yang rusak berat akibat gempa akan dibangun kembali. Penjaminan tersebut tidak hanya untuk sekolah negeri namun juga pada sekolah-sekolah swasta.

Menurut data yang dilansir Pemerintah Provinsi Sumbar sekitar 75 persen bangunan sekolah mengalami rusak berat dan ringan. Fasilitas pendidikan yang mengalami kerusakan yakni 673 ruang kelas yang ada di Kota Padang, Sumbar.

"Pemerintah akan membangun semua sekolah yang mengalami kerusakan," kata Bambang Sudibyo, Rabu, 7 Oktober 2009.

Menurut Bambang, meskipun sekolah-sekolah saat ini mengalami kerusakan dan tidak bisa ditempati, proses belajar-mengajar meski tetap dilanjutkan. Ia mengatakan, pendirian sekolah darurat dimulai sejak hari ini dan akan bertahan hingga dua tahun ke depan. Sebelum sekolah darurat berfungsi maksimal, pendidikan akan dilakukan di tenda-tenda darurat.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi juga mengatakan pembangunan sekolah darurat ini akan dilakukan dengan konsep semi permanen. "Dindingnya separoh terbuat dari kayu dan atapnya cukup dengan seng yang ringan," kata Gamawan.

Saat ini, proses pendidikan di Kota Padang diliburkan sementara waktu. Proses belajar-mengajar akan kembali normal, Senin pekan depan.

Laporan Eri Naldi | Padang

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024