Muncul Isu Aung San Suu Kyi Mau ke Yogya, Polisi Siaga Satu

Aung San Suu Kyi
Sumber :
  • REUTERS/Soe Zeya Tun

VIVA.co.id – Kepolisian menerapkan status siaga satu untuk Yogyakarta terhitung Kamis, 7 September 2017. Ini berkaitan dengan kabar rencana kedatangan Konselor Negara Myanmar, Aung San Suu Kyi dan rencana aksi simpati Rohingya di situs budaya Candi Borobudur.

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

"Polda DIY telah menetapkan status siaga satu, hingga waktu yang akan ditentukan kemudian," ujar Wakil Direktur Intelkam Polda Yogyakarta, AKP Suswono.

Ini menyusul isu bahwa Suu Kyi – yang tengah dikecam karena bersifat pasif atas krisis kemanusiaan warga etnis Rohingya di Myanmar – akan ke Yogyakarta pada Jumat, 8 September 2017. Hanya memang informasi ini masih belum bisa dipastikan.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Suswono hanya memastikan bila status siaga satu ini hanya ditujukan untuk menghadapi berbagai kemungkinan aksi simpati Rohingya yang disebutkan akan muncul di sejumlah titik kumpul dan lokasi lainnya.

"Kami akan mengawasi pula stasiun maupun terminal," katanya.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Suswono mengakui, Yogyakarta merupakan kota yang strategis untuk menuju Borobudur, baik yang dari arah Jawa Timur maupun dari Jawa Barat. Karena itu lah dilakukan pengamanan intensif.

Ia juga tak menampik jika memang ada kabar bahwa aksi simpati Rohingya dibatalkan. Namun demikian, ia menduga akan ada juga kegiatan lain serupa di titik tujuh kilometer dari Borobudur, yakni di sekitar Mendut.

"Karena itu, Polda DIY tetap bersiaga, meski keseluruhan itu berada di wilayah Polda Jawa Tengah." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya