Warna-warni di Dekat Kakbah

Kakbah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Lebih dari dua juta umat muslim dunia berkumpul di Kota Mekah untuk menjalani ibadah haji. Dari serangkaian prosesi haji, pemandangan yang juga membuat memukau jagad maya belakangan ini adalah ribuan jemaah yang menggunakan payung saat melaksanakan tawaf.

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Banyak video maupun foto jemaah berpayung yang menjadi viral. Saat itu banyak jemaah yang melaksanakan tawaf ifadah dengan membawa payung setelah meninggalkan Arafah.

Bila dilihat dari bagian atas Masjidil Haram, warna-warni payung yang digunakan jemaah menjadi pemandangan yang mengagumkan. Apalagi, payung-payung yang jumlahnya banyak itu ikut berjalan seiring dengan jemaah yang melaksanakan tawaf. Pada Rabu 6 September 2017, pemandangan itu masih terlihat. 

Pakai Visa Kerja dan Ziarah, 181 WNI Calon Haji Diamankan Aparat Saudi

Meski jumlah jemaah yang melakukan tawaf wadah sudah berkurang dan tidak seramai saat jemaah melaksanakan tawaf ifadah atau tawaf inti yang menjadi rukun haji, tapi banyaknya jemaah yang menggunakan payung saat tawaf wada, juga menjadi pemandangan yang menarik untuk diamati.

Kakbah

Khutbah Wukuf: Di Arafah, Konglomerat dan Melarat Tak Ada Bedanya
Jemaah haji Indonesia di Bandara (ilustrasi)

Jemaah Haji Gugat Kemenag ke Pengadilan, Protes 9 Kali Tak Diberi Makan di Tanah Suci

Seorang jemaah haji di Jawa Timur mengajukan gugatan ke pengadilan sebagai protes atas layanan haji Kemenag. Selama tiga hari, dia mengaku tidak diberi jatah makan-minum.

img_title
VIVA.co.id
23 Agustus 2023