Wiranto ke China: Ada Pelanggaran Teritorial, Kami Berantas

Menko Polhukam Wiranto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, menanggapi tuntutan pemerintah China yang ingin agar Indonesia membatalkan keputusan untuk mengganti nama bagian dari Laut China Selatan. Wiranto mengatakan institusinya sudah bertolak ke Negeri Tirai Bambu tersebut dan membicarakan terkait hal ini.

Bakamla Tangkap Kapal Super Tanker Iran Kepergok Transhipment di Laut Natuna

"Saya baru dari China dan kami sudah koordinasikan masalah ini. Kami katakan bahwa kami tak punya masalah mengenai batas teritorial laut," kata Wiranto di Kampus UNJ Rawamangun, Jumat 8 September 2017.

Wiranto menjelaskan, saat ini tidak ada permasalahan dengan China terkait batas teritorial laut. Namun, ia mengatakan Indonesia akan tegas jika terjadi pelanggaran-pelanggaran yang ada di Laut China Selatan.

4 KRI TNI AL Siaga di Laut Natuna, KSAL: Kita Sering Tangkap Kapal Pencuri Ikan Vietnam

"Kami tegas bahwa pelanggaran teritorial laut yang mengarah pada pencurian ikan yang tidak resmi, liar, tetap kami akan berantas. Soal nanti penyelesaian secara hukum kami bisa kompromikan nanti dengan pihak-pihak yang merasa memiliki kapal itu," ujarnya.

China menuntut agar Indonesia membatalkan keputusan untuk mengganti nama bagian dari Laut China Selatan. Indonesia memutuskan untuk mengganti nama wilayah maritimnya di bagian barat daya Laut China Selatan dengan nama Laut Natuna Utara.

Bamsoet Ingatkan Panglima TNI Yudo Margono Ancaman Konflik Bersenjata di Laut Natuna Utara

Kementerian Luar Negeri China mengirim sebuah catatan resmi ke Kedutaan Besar Indonesia di Beijing pada 25 Agustus 2017 untuk menyatakan penolakannya terhadap langkah 14 Juli di Jakarta. Saat itu, pemerintah Indonesia mengumumkan sebuah peta resmi baru kepulauan nasional yang mengungkapkan penggantian nama wilayah tersebut. (ren)

Kapal tanker milik Iran dan Panama disita Bakamla RI, diduga transfer BBM ilegal.

Ditangkap Bakamla, Kapal Tanker Sepanjang Lapangan Bola Bawa BBM Rp4,6 Triliun

Bakamla menangkap kapal super tanker berbendera Iran di perairan Natuna Utara sedang melakukan aktivitas ilegal

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2023