Mendagri Siapkan Plt Wali Kota Batu

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eka Permadi

VIVA.co.id – Wali Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Eddy Rumpoko ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, pada Sabtu 16 September 2017. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyebut, Kemendagri sedang menunggu pernyataan resmi dari Ketua KPK hari ini mengenai hal itu.

Eks Wali Kota Bandung Yana Mulyana Divonis 4 Tahun Bui Terkait Korupsi Proyek CCTV

"Kalau sudah OTT (operasi tangkap tangan), berarti KPK sudah cukup bukti. Kami tinggal menunggu pagi hari ini pernyataan resmi dari ketua, atau pimpinan KPK," ujar Tjahjo, saat ditemui dalam acara HUT Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNNP) Jakarta, Minggu 17 September 2017.

Setelah pernyataan resmi dari KPK, Tjahjo mengatakan, Kemendagri akan mempersiapkan Pelaksana Tugas (Plt), agar tidak terjadi kekosongan jabatan Wali Kota Batu. Kemungkinan, jabatan tersebut akan di Plt-kan oleh Wakil Wali Kota Batu.

KPK Heran Terpidana Kasus Korupsi Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Tjahjo memastikan, Senin besok, 18 September 2017, Plt Wali Kota sudah menggantikan tugas dan tanggung jawab Eddy sebagai Wali Kota.

Tjahjo pun sedikit menyinggung area rawan korupsi terkait jabatan Wali Kota. Area tersebut bisa saja, karena masalah penyuapan, belanja barang dan jasa, masalah anggaran, dan dana hibah bantuan sosial atau bantuan sosial (bansos).

Istri Ungkap Eddy Rumpoko Drop hingga Meninggal Usai Menyantap Bubur Ayam

Diketahui, Eddy ditangkap penyidik KPK dalam sebuah OTT KPK di rumah dinasnya di Jawa Timur, Sabtu 16 September 2017. Tim OTT juga menangkap empat orang lainnya. Tim OTT KPK juga mengamankan uang tunai.

Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dimakamkan di Batu, Jawa Timur

Koruptor Eddy Rumpoko Dimakamkan di TMP Batu, LVRI Akui Tak Memenuhi Syarat

LVRI Kota Batu menyatakan pemakaman mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko yang juga terpidana korupsi di TMP Suropati tidak memenuhi syarat

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2023