Kivlan Zen Ungkap Bukti Keterlibatan PKI di Kudeta 1965

Mayjen Purn Kivlan Zen.
Sumber :
  • Repro tvOne

VIVA.co.id – Mayor Jenderal Purnawirawan, Kivlan Zen, menyatakan bahwa Partai Komunis Indonesia alias PKI terlibat dalam kudeta di tragedi 1965.

Meninggalnya Mantan PM China Li Keqiang Dinilai Janggal

Menurut Kivlan, bukti nyata bahwa PKI terlibat dalam kudeta 1965 ialah, salah satu komandan Cakrabirawa, Letkol Untung Syamsuri, mengeluarkan pernyataan mengambil alih pemerintahan dengan membentuk Dewan Revolusi dan membubarkan Kabinet Dwikora yang dibentuk Presiden Soekarno.

"Untung kudeta, Dewan Revolusi dan Kabinet Dwikora. Itu kudeta, itu pernyataan itu jelas dia mengambil alih pemerintahan," kata Kivlan sebagai pembicara di program Indonesia Lawyers Club bertema PKI, Hantu atau Nyata? di tvOne, Selasa, 19 September 2017.

Cek Fakta: Video PKI Dukung Anies

Selain itu, menurut Kivlan, bukti lain bahwa PKI ingin mengkudeta melalui pemberontakan ialah adanya senjata yang sengaja disimpan dan digunakan ketika mengalami kekalahan. 

"Saya tahu, senjata itu sudah ada, perintah dari sekjennya semua senjata itu sudah siap. Disimpan dan digunakan saat kalah," kata Kivlan.

Keturunan PKI Boleh Masuk TNI, Begini Penjelasan Jenderal Andika Perkasa

Kivlan menceritakan, pada tahun 1965, dia sedang berada di Jakarta, dan saat PKI kalah di Jakarta, Untung lari ke Solo dan Blitar.

"Di sana yang menghadapi mereka Brigif 18. Saya orang Brigif 18," kata Kivlan. (one)

Ekonomi Sulit, Pengangguran di Tiongkok Tidur di Pipa Saluran Pembuangan.

Ekonomi Sulit, Para Pengangguran di Tiongkok Terpaksa Tidur di Pipa Saluran Pembuangan

Sejumlah besar pekerja muda di Tiongkok berjuang untuk mendapatkan pekerjaan dan terpaksa tidur di jalanan dan menghadapi penggusuran oleh tuan tanah.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024