Gubernur Bali: Turis Ngotot ke Gunung Agung, Tangkap!

Status Awas, Gunung Agung Belum Meletus
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, meminta kepada semua pihak untuk mematuhi imbauan otoritas berwenang ihwal bencana Gunung Agung. Usai levelnya dinaikkan menjadi awas, semua orang yang berada di zona merah atau 12 kilometer dari puncak Gunung Agung wajib dievakuasi.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

Mantan Kapolda Bali itu meminta kepada turis, baik asing maupun domestik untuk tidak berada pada zona yang dekat gunung dengan ketinggian 3.142 mdpl tersebut.

"Kalau boleh jangan dekat-dekat. Kita lagi sibuk mengurusi pengungsi," kata Pastika, Selasa 25 September 2017.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

Pastika mengaku tidak akan bertanggung jawab terhadap turis yang nekat mendekat ke zona merah Gunung Agung. Pasalnya, pemerintah dan otoritas terkait sudah mengeluarkan imbauan berdasarkan kajian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Nanti kalau kenapa-kenapa siapa yang tanggung jawab? Siapa yang ngurusi? Kalau yang ngotot petugas harus paksa ke luar. Tangkap, suruh ke luar," tegasnya.
 
Sebagaimana diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Agung menjadi awas. Kenaikan level itu diberlakukan sejak Jumat malam, 22 September 2017 pukul 20.30 WITA.

Gunung Agung Meletus Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 2 Km

Berdasarkan data yang diamati dan dianalisis secara komprehensif oleh PVMBG, aktivitas Gunung Agung masih sangat tinggi dan belum ada tanda-tanda yang menunjukkan tingkat aktivitasnya akan menurun. Kendati begitu PVMBG belum bisa memprediksi kapan Gunung Agung akan meletus.
 
PVMBG telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat sekitar, pendaki, pengunjung atau wisatawan agar tidak berada di sekitar lereng gunung dalam radius 9 km dari kawah puncak gunung. (one)

Gunung Agung

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Kebakaran sejak siang tadi dan terus membesar hingga malam ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2019