Hercules A-1301 Tambah Koleksi Museum TNI AU

Pesawat C-130 Hercules A-1301
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta dalam waktu dekat akan mendapat tambahan koleksi baru. Kali ini, museum kebanggaan TNI AU tersebut bakal punya pesawat C-130 Hercules A-1301.

Kodam: Rachel Vennya Dibantu Paskhas TNI AU saat Kabur Karantina

Kepala Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Letkol Sus Dede Nasrudin mengatakan, beberapa bagian dari pesawat C-130 Hercules A-1301 saat ini telah tiba di Muspusdirla. Namun, badan C-130 Hercules A-1301 masih dalam perjalanan menuju Muspusdirla.

"Perjalanan fuselage atau badan C-130 Hercules A-1301 dari Bandung menuju Muspusdirla itu memakan waktu yang cukup lama dan melelahkan. Sebab ukurannya besar sekali dan membuat kemacetan lalu lintas," kata Dede kepada wartawan, Rabu, 27 September 2017.

Gawat, Jenderal Bintang 2 TNI Dipukuli Warga

Menurut dia, pesawat ini sebelumnya berada di Pangkalan Lapangan Udara (Lanud) Sulaiman, Bandung. Pesawat yang dimiliki oleh TNI AU tahun 1960 tersebut nantinya akan menjadi koleksi terbaru di Muspusdirla Yogyakarta. "Ini akan jadi koleksi terbaru kita," lanjutnya

Sementara itu, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto, menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat pengguna jalan yang dilalui badan Hercules karena menimbulkan kemacetan yang cukup panjang.

Saat Jokowi Sapa dan Foto Bersama dengan Penerbang Pesawat Tempur

"Tentu teriring rasa terima kasih kepada tim pengawal yang sudah bersusah payah mengatur lalu lintas dan membuka jalan," katanya.

Sebelumnya, badan pesawat Hercules A-1301 ini berangkat dari Bandung pada Jumat malam, 22 September 2017, pukul 23.00 WIB. Dalam perjalanannya, badan pesawat diangkut menggunakan alat truk trailer dengan rute Bandung– Rancaekek–Nagrek–Limbangan–Ciawi–Tasikmalaya–Banjar–Wangon–Gombong– Kebumen–Kutoarjo–Purworejo–Yogyakarta. (ase)

Penganiayaan ilustrasi

Prajurit TNI AD Tewas Dikeroyok di Penjaringan Jakut

Seorang prajurit TNI AD berinisial S (23), harus meregang nyawa akibat menjadi dikeroyok  sekelompok orang tak dikenal

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2022