Jokowi: Di India, Beli Gorengan Sudah Enggak Pakai Tunai

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menyoroti keterbukaan informasi dan makin berkembangnya perusahaan yang menggunakan perkembangan teknologi. Perusahaan yang disoroti Jokowi seperti Alibaba hingga Amazon, yang menguasai dunia.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Menurut Jokowi, dari 13 perusahaan besar dunia, delapan di antaranya adalah perusahaan yang bergerak di sektor internet, Alibaba Group, Facebook, Microsoft.

Ia pun memberikan contoh, seperti di China, orang berbelanja tidak lagi menggunakan uang tunai. Cukup dengan smartphone, sudah bisa membayar. Kemudian, perkembangan teknologi juga disinggung Jokowi di India yang tak lagi menggunakan uang tunai untuk berbelanja.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Di India sekarang beli gorengan di pasar sudah enggak pakai tunai lagi. Tetapi memakai aplikasi handphone, smartphone," kata Presiden Jokowi, dalam sambutannya pada Idbyte 2017 Connected di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Kamis, 28 September 2017.

Dikatakan Jokowi, pembayaran tanpa tunai bisa menggunakan beberapa metode aplikasi pembayaran yaitu wechat atau alipay. Bahkan juga melalui face++.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Jokowi mengatakan, internet tak mengenal batas. Maka ketika perusahaan mengambil wilayah di internet, peluang menjadi perusahaan raksasa juga sangat memungkinkan.

"Perkembangan-perkembangan seperti ini tidak bisa dibendung, tidak bisa ditolak. Kalau kita menutup diri terhadap inovasi-inovasi seperti ini, kita akan kehilangan daya saing," jelas Jokowi. (ase)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021