Halmahera dan Tidore Diguncang Gempa

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa mengguncang wilayah Halmahera Timur, Maluku Utara. Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, gempa tersebut berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR).

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Gempa terjadi sekira pukul 17.30 WIB dan tidak berpotensi tsunami. Lokasi gempa dijelaskan terjadi di 1,8 Lintang Utara dan 128,78 Bujur Timur. "Gempa berada di 63 kilometer timur laut Halmahera Timur. Pusat gempa di kedalaman 10 kilometer," demikian ditulis BMKG.

Sementara itu, gempa juga terjadi di Timur Laut Tidore, Provinsi Maluku. Gempa berkekuatan 3,4 SR itu terjadi sekira pukul 17.58 WIB. Gempa berada di kedalaman lima kilometer. Lokasi gempa terjadi di 0,98 Lintang Utara dan 127,51 Bujur Timur.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Hingga kini belum diketahui apakah ada korban dari kedua gempa ini. Kerusakan juga belum ada laporan.

Diketahui, gempa ini merupakan lanjutan dari gempa-gempa sebelumnya yang terus menyapa wilayah Halmahera dan Tidore. BMKG menyebut gempa bumi dirasakan masyarakat antara lain di Kota Ternate, Tidore, dan Sofifi.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Jumat kemarin, gempa juga terjadi di Halmahera Barat dengan kekuatan 4,7 SR di mana pusat gempa berada di lokasi 0.99 LU,127.54 BT --11 kilometer Tenggara Jailolo-Maluku Utara-- pada kedalaman 10 kilometer.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024