Hari Ini, Sinabung Erupsi Dua Kali

Dampak erupsi Gunung Sinabung pada Rabu (2/8/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maz Yons

VIVA.co.id – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus menunjukkan aktivitas dengan terjadinya erupsi sebanyak dua kali pada hari ini, Rabu 4 Oktober 2017, hingga menyemburkan abu vulkanik sejauh 1.200 meter atau 1,2 kilometer.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra menjelaskan, erupsi pertama kali terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dan pukul 11.50 WIB. Ia mengatakan, erupsi kedua tidak disertai gugur lava pijar dan awan panas. "Erupsi hari ini (Rabu) dua kali dengan tinggi kolom yang teramati 1.000-1.200 meter," ujarnya menerangkan.

Armen menjelaskan, saat terjadi erupsi kondisi arah angin lemah hingga sedang mengarah ke timur dan timur laut dengan puncak Gunung Sinabung yang tertutup kabut. "Kondisi Sinabung untuk saat ini agak tertutup kabut," ujarnya menambahkan.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

Selain erupsi juga terjadi gempa mini selama 130 detik. Menurut dia, erupsi susulan masih bisa terjadi, karena status Gunung Sinabung masih berada di level IV atau Awas.

Untuk itu, Armen meminta masyarakat agar selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait. "Masyarakat sekitar Sinabung hindari zona-zona bahaya karena masih berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi." (mus) 

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan
Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021