Wiranto Akan Terbitkan Aturan Tunggal Soal Senjata Api

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto berjanji akan segera menerbitkan kebijakan tunggal berupa aturan perundang-undangan tentang senjata api.

Dito Mahendra Dituntut Satu Tahun Bui Kasus Kepemilikan Senpi Ilegal

Aturan tunggal itu dirasa perlu menyusul polemik pengadaan senjata api yang dilakukan Korps Brimob Polri, yang kedatangannya tertahan di Bandara Soekarno-Hatta akibat belum mendapat rekomendasi dari Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

"Akan segera dilakukan pengkajian dan penataan ulang tentang berbagai regulasi, tentang pengadaan senjata api, sampai dengan (dibuat) kebijakan tunggal, sehingga tidak membingungkan institusi yang memang menggunakan senjata api," ujar Wiranto di kantornya, Jumat, 6 Oktober 2017.

Kronologi Oknum Polisi Pangkat Aiptu Tembak Debt Collector, Nunggak Cicilan Mobil 2 Tahun

Menurut Wiranto, keputusan ini diambil setelah rapat koordinasi terbatas yang digelar hari ini diselenggarakan bersama pimpinan setiap lembaga negara yang memiliki keterkaitan dengan kedatangan senjata, dan lembaga yang aparatnya memiliki kewenangan menggunakan senjata api.

Mereka antara lain, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Budi Gunawan, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI Heru Pambudi, dan Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose.

Sosok Aiptu FN, Oknum Polisi yang Tembak Hingga Bacok 2 Debt Colector di Palembang

Wiranto menambahkan, setidaknya ada 10 peraturan perundang-undangan sejak 1948, yang sama-sama mengatur tentang senjata api. Menurutnya, hal ini bisa menjadi penyebab munculnya polemik soal senjata di antara institusi.

"Paling tidak ada empat Undang-undang, satu Instruksi Presiden, empat peraturan setingkat menteri, satu surat keputusan. Sehingga mengakibatkan perbedaan pendapat yang berkembang di berbagai institusi yang menggunakan senjata api," ujar Wiranto. (hd)

Ilustrasi tahanan diborgol

Bandar Narkoba Diringkus, dari Sepasang Kekasih Pengedar Ganja Hingga yang Bersenjata-api

Berbekal informasi pengintaian petugas komplotan bandar berhasil ditangkap. Para bandar ini ada yang merupakan sepasang kekasih, bahkan termasuk yang memiliki senjata api

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024