Menteri Hanif Komentari Ancaman PHK Ribuan Pekerja Tol

Petugas Jasa Marga melakukan transaksi nontunai menggunakan e-toll
Sumber :
  • ANTARA/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri akhirnya angkat bicara terkait adanya isu yang menyebutkan puluhan ribu tenaga kerja tol yang terancam menganggur akibat perubahan sistem pembayaran berbasis online.

Uji Coba Terbatas Bayar Tol Tanpa Berhenti Direncanakan Mulai 12 Desember 2023

Ditemui disela-sela kesibukannya di Depok Jawa Barat, Hanif mengatakan hal itu harus disiasati karena pihaknya berkepentingan mendorong agar industri-industri juga melakukan persiapan transformasi dari bisnis berbasis offline ke online.

“Ini pasti berdampak pada para pekerja. Nah karena itu kita ingin para industri itu menyiapkan diri mentransformasikan bisnisnya dengan modal kerja baru yang berbasis teknologi. Sehingga dampak-dampak ketenagakerjaan bisa diantisipasi,” katanya pada wartawan, Senin 9 Oktober 2017.

Mario Dandy Ngaku Bawa Rubicon Tak Bayar Tol saat Hari Penganiayaan Brutal David Ozora

“Kalau terkait dampaknya tentu dari sisi ketenagakerjaan kita minta kalau pun ada PHK prosesnya harus benar, hak-hak pekerja harus terpenuhi. Tapi kan kita tidak ingin ada PHK,” katanya.

Untuk itu, lanjut Hanif, strategi transformasi dari industri itu menjadi sangat penting untuk membantu pemerintah memastikan dampak-dampak yang mungkin timbul dari perubahan bisnis karena pengaruh teknologi.

Motor Honda Teririt di Indonesia Mulai Rp16 Jutaan, Vespa Primavera Edisi Disney
Ilustrasi pembayaran tol.

Sistem Bayar Tol Tanpa Henti Diuji Coba Desember, RI Bakal Jadi Pionir di Asia Tenggara

Indonesia akan menjadi pionir dan negara pertama di Asia Tenggara atau ASEAN yang menerapkan teknologi Multi Lane Free Flow atau Pembayaran Tol tanpa henti atau GSSS.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023