Kapolri: Densus Tipikor Akan Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar rapat kerja dengan Komisi III DPR. Salah satu yang dibahas terkait pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Dalam rapat, Tito menjelaskan rencana struktur yang akan dipimpin jenderal bintang dua tersebut.

Tito Karnavian Jadi Menteri, Siapa Sosok Kapolri Berikutnya?

"Terkait Densus Tipikor akan dipimpin (jenderal) bintang dua. Nanti ada satgas-satgas, tipe A, tipe B, tipe C. Nantinya kepala Densus Tipikior di bawah kapolri langsung," kata Tito di ruang Komisi III, gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, secara anggaran sudah terhitung untuk pembiayaan Densus Tipikor dari segi gaji hingga fasilitas kerja. Ia juga berharap kelebihan yang dimiliki Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa diterapkan di Densus Tipikor.

Soal Pengganti Tito Karnavian, Polri Tunggu Jokowi Umumkan Kabinet

"Bisa kami penuhi yang ada dari anggaran, sudah dihitung bahwa dipikirkan tentang penggajian kepada anggota-anggota ini. Biar mereka sama dengan KPK, sistem anggaran dan sistem indeks. Kelebihan di teman-teman KPK mungkin bisa diterapkan ke Densus Tipikor," tuturnya.

Ia menekankan, saat ini Polri juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait pembentukan Densus Tipikor.

Mau Dapat Jabatan Baru, Harta Kapolri Tito Sekarang Ada Rp10,2 Miliar

"Saat ini kami masih berkoordinasi dengan Kemen-PAN. Nanti bagaimana soal belanja barang, lidik dan penyidikan serta lain-lain," ujar mantan kapolda Metro Jaya tersebut.

Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian (Kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (Kanan) salam komando pada Upacara Tradisi serah terima Panji-panji Tribrata Kapolri dan pengantar tugas Kapolri di Mako Brimob (6/11/2019)

Tito Karnavian: Jadi Kapolri Itu Berat

Bangsa yang heterogen, demokrasi terbuka dan wilayah luas

img_title
VIVA.co.id
6 November 2019