Lagi, Perairan Teluk Bayur Tercemar Minyak

Warga menunjukkan minyak CPO (crude palm oil) yang mengeras mencemari perairan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, Kamis (28/9/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA.co.id – Kawasan perairan di Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat kembali tercemar limbah minyak. Kali ini cairan berkemilau yang muncul di sejumlah titik itu merupakan jenis solar.

Lebih dari 500 Warga Terdampak Banjir di Kota Padang Telah Dievakuasi

"Tumpahan High Speed Diesel (solar) yang kami temui di lapangan tidak banyak. Namun tetap mencemari laut," ujar Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Bayur, Kolonel Laut Yus K Usmany, Kamis, 12 Oktober 2017.

Usmany mengatakan tumpahan minyak itu pertama kali dilaporkan pada pukul 03.00. Hingga kini belum diketahui penyebab munculnya minyak yang mengapung di perairan itu.

Kota Padang Siaga 1 Banjir, Evakuasi Warga Terus Dilakukan

"Berapa banyak jumlah pasti yang tumpah belum diketahui, masih diselidiki," katanya.

Sepekan lalu, kejadian minyak tumpah juga terjadi di Teluk Bayur. Setidaknya 50 ton minyak olahan sawit milik PT Wira Innomas menyelimuti sejumlah kawasan perairan Teluk Bayur.

Gubernur Sumbar Bawa Istri dan Anak Mencoblos di TPS 12 Jati Baru

Manajemen perusahaan PT Wira Innomas mengklaim jika tumpahan minyak itu adalah minyak nabati, bukan limbah. Upaya pembersihan pun telah dilakukan dengan dibantu tim gabungan termasuk TNI.

"Ini bukan CPO yang tumpah, melainkan palm fatty acid distillate. Kami akan tetap melakukan pengumpulan material PFAD yang ada di perairan sampai bersih total," kata Manajer Operasional PT Wira Innomas, Hendra Leo. (ase)

Lokasi Longsor di Langgai

10 Warga di Pesisir Selatan Sumbar Dikabarkan Hilang Tertimbun Longsor

Regu penyelamat gabungan pun sudah dikerahkan untuk melakukan pencarian warga yang hilang.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024